Direktur JSI Benarkan Klaim Habsi Tentang Elektabilitas 60%

Rilis Data Survey JSI Berbagai Varian untuk para Balon Pilkada Mamuju(photo:JSI

BANNIQ.Id.Mamuju. Elektabilitas Habsi-Irwan di angka 60% sebagai Balon di Pilkada Mamuju sebagaimana rilis 3 Lembaga Survey, yakni Jaringan Suara Indonesia(JSI),Poltracking, JEO , dan pernyataan ini disampaikan oleh Habsi saat Apel Akbar Relawan Habsi-Irwan,Senin 24 Februari 2020 di Lapangan Ahmad kirang Mamuju.

Namun kemudian, data rilis yang di Sampaikan oleh Habsi tersebut, diso’al oleh Direktur Logos Politica,Maenunis Amin, di beberapa media lokal Sulbar.

Maenunis menyebut bahwa dalam survey JSI, elektabilitas Habsi Wahid pada simulasi 8 Pasangan Calon (Paslon) hanya berada di angka 49%.

Sedangkan jika head to head,sebut Maenunis, JSI mencatat Sutinah di angka 41,6%. Silahkan lihat lembar 7, 10 dan 56 dari hasil survey JSI yang Habsi – Irwan pegang.

Menanggapi hal itu, Direktur Lembaga Survey ,Jaringan Suara Indonesia (JSI) Popon Lingga Geni, pada Laman ini, Rabu(26/2/2020) mengatakan, analisis yang di keluarkan oleh Saudara Maenunis Amin dari logos politica menurutnya salah data/salah kutip.

“Menurut saya Logos Politica memberi data yang salah,atau salah dalam mengutip data, Saya juga ingin bertanya dari mana Saudara Maenunis mendapatkan hasil Survey JSI yang Salah?,” Tanya Popon.

Karena perlu diketahui sambung Popon, dalam data JSI, posisi elektabilitas Petahana (Habsy Wahid) tunggal adalah 49,1 (jika 8 nama) dan 58,4% jika head to head (data terlampir), Sementara untuk Siti Sutinah antara 15,2% (jika 8 nama) dan 19,1% (jika head to head melawan habsy wahid)

Lebih jauh Popon mengurai, bahwa jika simulasi berpasangan, tingkat elektabilitas Habsy wahid-iwan papabari dalam rentang 56,8% (3 pasang) sampai 60.0% (head to head)(data terlampir).

” Jadi sebenarnya, tidak ada yang salah dalam statement Habsy Wahid dalam apel akbar, Karena memang data survey menyatakan demikian,” Pungkasnya.

Terpisah, Sekertaris DPW Nasdem Sulbar, Muhammad Jayadi juga menilai dan tidak pernah meragukan apa yang disampaikan oleh Habsi wahid Saat apel Akbar Relawan terkait Elektabilitas 60% sudah tetpat, bahkan bisa hingga ke angka 65% sesuai trend dinamika pergerakan relawan Habsi-Irwan.

” Kami menegaskan klaim itu sudah betul, dan sebetulnya target kita menyentuh angka 70 % sesuai trend Dinamika pergerakan tim, yang jelas dulu ketika orang ragu Habsi wahid memimpin partai NasDem tapi beliau bisa tunjukkan NasDem punya eksistensi di sulbar dan kita menangkan di dua kabupaten termasuk 3 besar perolehan Pusat termasuk Jokowi kita memenangkan pada saat pilpres 2019, apalagi yang mesti kita ragukan dari soaok politisi dan negarawan seperti beliau, Intinya mari kita buktikan di Hari H nanti siapa yang unggul,” Pungkas Anggota DPRD Sulbar ini. |(tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *