Stabilkan Harga Bawang Putih, Kementan Lakukan Operasi pasar di Sulbar

Hits: 160

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Dirjen Holtikultura Kementan, Dr.Ir.Moh.Ismail Wahab(photo:bnq)

BANNIQ.Id.Sulbar. Guna menstabilkan harga Komoditas bawang putih dalam satuan Perkilogram, yang belakangan cenderung naik di pasaran reguler, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dirjen Holtikultura, Bekerjasama dengan Dinas Pertanian Pemprov Sulbar menggelar kegiatan Operasi Pasar Harga Bawang Putih, Kamis( 16/5/2019) di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju,yang dikuti oleh puluhan masyarakat kota Mamuju.

Digelarnya kegiatan Operasional tersebut, agar masyarakat dapat membeli bawang putih dengan harga yang terjangkau.” Operasi pasar ini bertujuan agar masyarakat dapat membeli Bawang putih dengan harga yang terjangkau dimana beberapa hari terakhir ini harganya naik,” Terang Dr.Ir.Moh.Ismail Wahab selaku Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Direktorat Jendral Holtikultura Kementerian Pertanian.

Dengan kegiatan itu pula sambung Ismail, harga bawang putih akan kembali dengan harga yang stabil yakni tidak lebih dari harga Reguler Rp.30.000/Kg, sesuai dengan arahan Mentan.

“Dengan kegiatan operasi pasar ini juga, harga bawang putih kembali akan stabil dari sebelumnya, dan sesuai instruksi pak menteri kepada importir untuk harga Reguler tidak melebihi dari Rp.30.000/Kg,” Imbuhnya.

Untuk harga yang dikenakan kepada masyarakat pada kegiatan operasi pasar kali ini, masih kata Ismail hanya Rp.25.000/Kg dan jika Minggu depan importir sudah masuk maka harganya akan relatif lebih murah, sesuai dengan hukum pemasaran Suplly dan Demand.

” Minggu depan ketika importir sudah masuk ke sini pasti kesediaan stock akan terjaga, dan harga akan relatif lebih rendah mungkin akan berkisar Hinga Rp.20.000/Kg, sesuai hukum Suplly dan demand, makin tinggi permintaan harganya juga akan tinggi, demikian pula sebaliknya makin kurang permintaan maka harganya juga relatif lebih rendah,” tandasnya.

Kegiatan operasi pasar hari ini di Sulbar, kata Ismail dilaksanakan di dua tempat yakni di Kabupaten Mamuju dan Majene yang masing-masing ditunjang pasokan komoditas Bawang putih sebanyak 5 Ton.

” Kegiatan operasi pasar untuk komoditas bawang putih di Sulbar hari ini kita laksanakan di dua tempat, yakni di Mamuju dengan stock bawang putih sebanyak 5 Ton dan di Kabupaten Majene juga sebanyak 5 Ton,” Pungkasnya.

Terpisah Kadis Pertanian Sulbar Ir.H.Tanawali,MMA. yang tengah mengikuti Kegiatan di Kementerian Pertanian menyampaikan, Kegiatan Operasi yang digelar hari ini di Sulbar, Sebelumnya sudah disampaikan ke Gubernur Sulbar.

” Sebelum digelarnya kegiatan operasi pasar hari ini, saya sudah sampaikan ke pak Gubernur bahwa dalam rangka kestabilan harga bawang putih tersebut, akan dilakukan operasi Pasar,” Pungkas Kadis yang dikenal sebagai sahabat petani ini.|smd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *