Sabtu, Juni 15, 2024

Akselerasi Akmal, dan Kesinambungan Pembangunan oleh Pj Gubernur Sulbar yang Baru

- Advertisement -

Pj Gubernur Sulbar,Dr Akmal Malik bersama Ketua DPRD Sulbar,Hj.Sitti Suraidah Suhardi,pada kegiatan lomb amewarnai di Destinasi Wisata Pulau Karampuang Mamuju(photo:repro)

Akselerasi Akmal, dan Kesinambungan Pembangunan oleh Pj Gubernur Sulbar yang Baru

Oleh : Samad Almandary

BANNIQ.Id. Opini. Tidak terasa masa jabatan Dr.Akmal Malik,M.Si sebagai Pj Gubernur Sulbar sudah berlangsung selama kurang lebih setahun dan akan berakhir pada tanggal 12 Mei ini, dan akan digantikan oleh Prof.Dr.Zudan Ali Fakhrullah,SH;MH yang saat ini juga menjabat Sekertaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

Walau terasa begitu singkat ia menjabat sebagai Gubernur Sulbar, Namun Akmal cukup memberikan torehan prestasi dari aspek pengelolaan kebijakan dan birokrasi di Sulbar. Dirjen Otda ini, berani melakukan terobosan-terobosan meskipun kerap mendapatkan cibiran dan kritikan dari masyarakat, namun ia tetap eksis untuk melaksanakan program-program strategis yang senantiasa berpegang pada prinsip” demi melaksanakan satu kebenaran, dan perbaikan maka beranilah menanggung resiko”.

Berbagai kebijakan yang ia canangkan seperti Pembuatan Data Desa Presisisi yang bekerjasama dengan IPB dan saat ini dalam proses penginfutan di ratusa desa di Sulbar, program yang dinilai sangat akan bermanfaat bagia penyusunan program pembangunan ini, nantinya akan menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia.

Selain itu, perhatian penuh terhadap pemberdayaan UMKM juga menjadi konsen Akmal.dalam penerapan kebijakannya, penataan dan pengelolaan destinasi wisata, yang akan memantik meningkatnya pndapatan asli daerah.melalui sektor pariwisata, salah satunya dengan revitalisasi destinasi wisata karampuang yang belum lama.ini telah diresmikan oleh Akmal dan Bupati Mamuju,Sitti Sutinah Suhardi.

Kolaborasi yang ada juga menorehkan catatan yang sangat baik dimana Sulbar berhasil menekan laju inflasi hingga 3.89 %, berdasarkan hasil rilis Kemendagri pada Maret 2023, dengan angka ini memposisikan Sulbar sebagai daerah terendah tingkat inflasinya(antaranews.Maret 2023).

Baca Juga >>   Irjen Kemendagri Evalausi Program Penanganan Kemiskinan Ekstrem dan Pengangguran Terbuka di Bapperida Sulbar

Capaian yang telah diraih oleh Akmal selama menjadi Pj Gubernur Sulbar, tentu secara linear dan empirik menunjukkan adanya perubahan meskipun tak signifikan, karena sesuai level waktu pelaksanaan kebijakan selama setahun, yang hanya melanjutkan RPJMD Gubernur Defenitif sebelumnya.

Untuk meresonansi kebijakan yang telah dijalankan oleh Akmal, penting menjadi patron catatan bagi Pj Baru untuk menindak lanjuti rintisan program yang telah dicanangkan oleh Pj sebelumnya, dan melakukan tindakan percepatan penyelesaian bagi kebijakan atau program yang masih on proses, dengan interval waktu masa jabatan selama setahun ke depan..Semoga..(penulis Pimred Banniq.id)

BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: