Sabtu, April 13, 2024

Arahan BKSDN ke Pemda, Kepala Bapperida Pastikan Inovasi Lingkup Pemprov Sulbar Relevan dengan Nilai Pancasila

- Advertisement -

Kepala Bapperida Sulbar, Dr. Junda Maulana(foto;repro)

BANNIQ.Id. Sulbar. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Junda Maulana memastikan inovasi – inovasi yang diciptakan Pemerintah Provinsi Sulbar sesuai nilai – nilai Pancasila.

“Tentunya dengan adanya arahan Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri Kemendagri) yang meminta inovasi daerah harus sesuai nilai – nilai pancasila, kita akan pastikan semua inovasi – inovasi di lingkup Sulawesi Barat ini telah sesuai nilai – nilai pancasila.” terang Junda yang temui di ruang kerjanya di Kantor Bapperida Sulbar, Kamis (29/2/2024).

“Dalam evaluasi kinerja Pj. Gubernur di Kemendagri pada 20 Februari lalu pun, kita telah melaporkan inovasi – inovasi yang telah dibuat hingga saat ini. Beberapa di antaranya juga mendapat apresiasi dari Kemendagri, seperti inovasi dalam penanganan inflasi dan gerakan toilet bersih.” sambungnya.

Junda pun menyebut pihaknya telah menyusun konsep Tim Inovasi Daerah Sulbar yang melibatkan seluruh pimpinan perangkat daerah lingkup Sulbar. Harapannya, setiap pimpinan unit kerja dapat mendorong inovasi di lingkungan kerjanya, sesuai ajakan Pj. Gubernur untuk terus berinovasi, terutama dalam pelayanan publik.

“Sebagai tindak lanjut dari Arahan Pj. Gubernur Sulbar, yang menunjuk Bapperida Sulbar sebagai leading sector dalam pelaksanaan Innovative Government Award (IGA), kami telah mengajukan Draft SK tentang Tim Inovasi Daerah kepada Bapak Pj. Gubernur.”, kata Kepala Bapperida Sulbar, Junda Maulana.

“SK tersebut melibatkan seluruh OPD lingkup Sulbar, agar masing – masing kepala OPD mendorong jajarannya untuk terus berinovasi dalam melayani masyarakat.” lanjutnya.

Sebelumnya, dalam rapat bersama Pj. Gubernur, Junda Maulana telah menyampaikan rencana aksi yang akan dilaksanakan untuk percepatan keikutsertaan dalam Innovative Government Award (IGA), yaitu :

  1. Inventarisasi dan penjaringan seluruh Inovasi yang ada di Provinsi Sulawesi Barat terutama pada program 1 Eselon 3 – 1 inovasi yang saat ini telah berjalan.
  2. Membentuk Tim untuk melakukan Pembinaan dan Pendampingan terhadap Inovasi yang dilakukan oleh OPD lingkup Provinsi Sulbar.
  3. Meningkatkan koordinasi, sosialisasi secara intensif bagi OPD terkait dan memacu komitmen OPD dalam membudayakan inovasi dalam organisasi.
  4. Melakukan coaching clinic pendampingan, sosialisasi, pembinaan dan pengawalan terhadap OPD yang melakukan inovasi agar memenuhi kriteria penilaian Indeks Inovasi Daerah (IID).I***
Baca Juga >>   Masa Jabatan Sebagai Pj Gubernur Sulbar Berakhir Mei, Prof.Zudan: Saya Serahkan Sepenuhnya pada Allah SWT
BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: