Bahas Pengembangan Transmigrasi, Dirjen PPKTrans Rapat Bersama dengan Pemkab Mateng

      Komentar Dinonaktifkan pada Bahas Pengembangan Transmigrasi, Dirjen PPKTrans Rapat Bersama dengan Pemkab Mateng

Hits: 23

BANNIQ.Id.Mateng.Rapat yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Trasmigran (Dirjen PPKTrans) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) berlangsung di Aula A Kantor Bupati Mateng, Selasa (27/09/22).

Dalam Sambutannya H.M. Amin Jasa Wakil Bupati Mateng Mengatakan sejak tahun 1981 sampai saat ini telah menempatkan warga transmigrasi sebanyak 28.000 kepala keluraga (KK) kurang lebih 55.000 jiwa yang tersebar di lima Kecamatan dan 48 desa di Mateng.

“Dari jumlah penduduk Mateng diisi oleh masyarakat transmigrasi kurang lebih 80 persen dari berbagai etnis, suku Lombok, suku Bali, suku Jawa dan merupakan daerah yang juga menerima transmigrasi dari luar negeri yakni Timor Timor,” ungkapnya.

Ia melanjutkan selaku Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasihnya kepada Dirjen Transmigrasi yang telah berupaya membangun Kota Terpadu Mandiri sebagi pusat pemerintahan dan sebagi pusat pertumbuhan perekonomian yang berdaya saing di Mateng.

“Melalui kerjasama Pemda Mateng dengan Dirjen Transmigrasi ini, diharapkan terjadinya peningkatan kapasitas daerah dalam penggunaan sumberdaya secara optimal dan pengembangan ekonomi dalam rangka menekan angka kemiskinan,” jelasnya.

Ia menambahkan sumber penghasilan Mateng berasal dari pertanian dan merupakan kontribusi pertumbuhan ekonomi terbesar di daerah ini. Karena sebab itu, program transmigrasi di Mateng semakin menggerakkan sektor pertanian sehingga dapat menjadi penopang pangan Ibu Kota Baru (IKN), karena secara biografis terdekat dengan Kab.Mamuju Tengah.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan nota kerjasama kawasan transmigrasi yang di ikuti oleh empat Provinsi. Diantaranya: Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sulawesi Barat.

Turut hadir Kepala Dirjen PPKTrans, Ketua DPRD Mateng, Waka Polres Mateng, Anggota DPRD Bogor, Kadis Transmigrasi Mateng,Kepala OPD se-Mateng dan para undangan lainnya.|Erick/***