Tak Ada Lelah dan Kata Berhenti Demi Menjaga Masyarakat dari Serangan Virus Corona

Hits: 8

Tempat Wisata Kali Biru kec Binuang Polman yang menjadi salah satu titik pemantauan Prokes oleh Aparat Polres Polman(photo:repro)

BANNIQ. Id. Sulbar. Sejak menyebarnya virus Covid 19 awal tahun lalu, semua pihak terpanggil untuk memerangi dan mencegah peredaran virus tersebut agar tidak menjangkikit masyarakat. Meskipun upaya tersebut tidak berhasil seratus persen karena tetap juga ada masyarakat yang terjangkit bahkan ada yang meninggal Dunia, seperti halnya di Kabupaten Polman Provinsi Sulawesi Barat.

Selain anggota Satgas Covid 19 yang tiada henti untuk menyadarkan masyarakat terhadap kedisiplinan untuk menghindari peredaran Covid 19, adalah anggota Polres Polman di beberapa unit dan jenjang wilayah kerja baik satuan Polairud hingga ke Polres di tingkat Kecamatan.

Berbagai titik dan segmen kegiatan yang dilakukan masyarakat yang cenderung berpotensi untuk menyebarnya virus Covid 19, seperti pasar, tempat wisata mauoun di hajatan pernikahan, disasar dan menjadi obyek sosialisasi dengan satu tujuan sehat dan terhindar dari Covid 19. Upaya.

Upaya tanpa henti itu seperti halnya yang dilakukan Satuan Polairud Polres Polman dipimpin langsung Kasat Polairud Polres Polman AKP Ramli,S.SOs;M.Si yang belum lama ini menyasar beberapa destinasi wisata Bahari di Kabupaten Polman antara lain Kawasan Pantai Bahari Polewali, Pantai Mampir Kecamatan Wonomulyo dan Pantai Palippis Kecamatan Balanipa,

“Pemantulan ini dilakukan Dalam mengantisipasi masyarakat yang berkunjung ke tempat Wisata kita juga memberikan himbauan pendisiplinan protokol kesehatan kepada para pengunjung yang sedang menikmati liburan,” Ujar Ramli.

Di semua titik di lokasi wisata bahari ini menjadi sasaran untuk memastikan para pengunjung taati Prokes dengan 5 M.

“Pengunjung wisata yang datang sudah melaksanakan protokol kesehatan 5 M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, serta Membatasi mobilitas dan interaksi) dan semuanya sesuai dengan harapan” pungkas Ramli.

Tidak terbatas untuk obyek wisata pantai obyek wisata alam juga menjadi sasaran sosialisasi penerapan Prokes oleh Aparat Polres Polman. Seperti halnya patroli ynag dilakukan di kawasan wisata di Desa Batetangnga dan Desa Rea Timur Kec. Binuang Kab. Polman, belum lama ini.

Kegiatan patroli tersebut di pimpin oleh Kanit Pam Obvit Sat Samapta Polres Polman Ipda Indah Dewi dan didampingi Ps. Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Polman Bripka Syamsuddin, serta 2 orang personel Pam Obvit Sat Samapta Polres Polman.

”Di masa pandemi Covid-19 , Polres Polman melakukan patroli dan pemantauan di kawasan wisata pedesaan / Bundes dengan memberikan himbauan kamtibmas dan pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat/para pengunjung yang sedang menikmati liburan,” kata Ipda Indah Dewi.

Dalam kesempatan tersebut petugas patroli melakukan pemantauan secara menyeluruh terhadap segala aktivitas para pengunjung dan memberikan himbauan untuk selalu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola Wisata terkait penyebaran virus covid 19 dengan memperhatikan 5M ( Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, serta Membatasi mobilitas dan interaksi).

Sementara itu Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono.,S.I.K yang dimintai tanggapannya mengatakan bahwa pengamanan dan patroli khususnya ditempat wisata di wilayah hukum Polres Polman pada saat libur akhir pekan secara rutin terus kami lakukan guna melakukan pemantauan karena menginggat kerawanan serta selama masa pandemi masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus covid 19.

”Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan personel polres polman juga menghimbau kepada para pengunjung tempat wisata agar selalu meningkatkan kewaspadaan terutama bagi orang tua yang membawa anaknya untuk selalu memperhatikan anak mereka apa lagi yang masih balita (dibawah umur),” jelas AKBP Ardi Sutriono.,S.I.K.

Salah satu kegiatan Hajatan Masyarakat di Kecamatan Binuang yang juga menjadi titik Pemantauan Penerapan Prokes oleh Polres Polman(photo:repro)

Penyasaran beberapa tempat wisata yang dilakukan anggota Polres Polman ini bukan saja sifatnya persuasif, namun bila ada pengunjung atau pengelola yang tidak taat Prokes, mereka melakukan teguran.

Tak terkecuali di lokasi wisata buatan seperti Waterboom. Belum lama ini Ps. Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Polman Bripka Syamsuddin melaksanakan sambang dan memberikan himbauan kepada pengelola tempat wisata dan pengunjung yang sedang menikmati liburan pasca hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah agar pengunjung senantiasa mematuhi aturan protokol kesehatan.

“Kita himbau agar selalu menggunakan masker kepada pihak pengelola agar menerapkan protokol kesehatan dengan tidak memasukkan pengunjung yang tidak memakai masker dan membatasi kapasitas tempat wisata untuk menghindari kerumunan pengunjung sehingga tidak berpotensi menimbulkan terjadinya penularan Covid-19,” ujar Bripka Syamsuddin saat memantau pengunjung Wisata Waterboom Polman Desa Rea Kec. Binuang Kab. Polman.

Usat perayaan Idul Fitri 1442 H, sebut Syamsuddin, lazimnya keluarga memanfaatkan untuk menikmati liburan setelah berpuasa sebulan lamanya, nah untukemastikan mereka melaksanakan Prokes, Polres Polman melakukan patroli dan pemantauan di kawasan wisata dengan memberikan himbauan kamtibmas dan pendisiplinan protokol kesehatan kepada pengelola dan pengunjung yang sedang menikmati liburan.

Dalam kesempatan tersebut petugas patroli melakukan pemantauan secara menyeluruh terhadap segala aktivitas para pengunjung dan memberikan himbauan untuk selalu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola Wisata terkait penyebaran virus covid 19 dengan memperhatikan 5M ( Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, serta Membatasi mobilitas dan interaksi).

”Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan personel polres polman juga menghimbau kepada para pengunjung tempat wisata agar selalu menerapkan Prokes dan meningkatkan kewaspadaan terutama bagi orang tua yang membawa anaknya untuk selalu memperhatikan anak mereka apa lagi yang masih balita (dibawah umur),” jelas Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono.,S.I.K yang dihubungi terpisah.

Tak berhenti mengsosialisasikan penerapan Prokes di Kawasan wisata, aparat Polres Polman juga melakukan himbauan kepada masyarakat yang tengah melaksanakan hajatan pernikahan.Sambang untuk sosialisasi Prokes ini dipimpin
Bhabinkamtibmas Aipda Munassir

Dalam sambangnya Aipda Munassir menyampaikan himbauan kamtibmas kepada warga serta mengingatkan warga selalu patuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini, untuk mencegah penyebaran maupun penularan Covid-19.

Aipda Munassir selaku Bhabinkamtibmas Desa Batetangnga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan memelihara Sitkamtibmas yang selama ini sudah kondusif.

“Mari bersama kita terapkan Protokol Kesehatan, dengan mencuci tangan di air mengalir, menggunakan masker dan selalu menjaga jarak untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Covid 19” ajak Aipda Munassir.

Dengan upaya tanpa henti ini, Aparat Polres Polman berharap Kondisi kabupaten Polman yamg saat ini berada pada zona Hijau Covid 19 tetap akan bertahan sampai betul-betul wabah Covid 19 ini sudah hilang sama sekali.|samad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *