Yaumul Milad ke 61 Tahun, Sekprov Sulbar Sebut Gubernur ABM Sebagai Sosok Sederhana yang Bekerja dengan Hati

Hits: 102

Gubernur Sulbar HM Alibaal Masdar bersama Istri Tercinta,Hj.Andi Ruskati Alibaal(photo:repro)

BANNIQ.Id.Sulbar.Haji Andi Ali Baal Masdar atau yang lebih dikenal dengan nama Ali Baal Masdar dan karib disapa ABM merupakan sosok birokrat murni yang kemudian masuk dunia politik hingga ia mengantarkannya menjadi Bupati Kabupaten Polman selama dua periode, dan kini sebagai Gubernur Sulbar yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 Mei 2017 di Istana Negara.

Pria kelahiran tahun 1960 ini terlahir dari keluarga politisi. Ayahnya, HM Masdar Pasmar, merupakan mantan Ketua DPRD Kabupaten Polewali Mandar periode 1999–2003, Ia juga merupakan keturunan Maraqdia Tapango. Ibunya Hj. Andi Suryani Pasilong adalah keturunan Arajang Balanipa, Kerajaan yang dituakan di Konfederasi Kerajaan di Wilayah Mandar hilir(Pitu Ba’bana Binanga) . ABM menikah dengan Andi Ruskati Radjab yang juga merupakan keturunan bangsawan dari Mara’dia Banggae, menjabat sebagai anggota komisi VIII DPR-RI periode 2014–2019, dan kini berada di Komisi IX setelah pada pemilihan Anggota Legislatif tahun 2019 kembali terpilih untuk periode kedua.

ABM memulai kariernya sebagai staf di Pemerintahan Kabupaten Polewali Mandar periode 1984–2000. Lalu, dia menjadi Camat Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar, pada tahun 2000–2002. Pada tahun 2002–2004, dia menjadi Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah, Kabupaten Polewali Mandar.

Kemudian, ABM mencalonkan diri dan terpilih menjadi Bupati Polewali Mandar periode 2004–2009. Dan terpilih kembali untuk periode kedua tahun 2009-2014.

Pada tahun 2017, dia dicalonkan oleh PKB, PPP, PAN, Nasdem, Golkar, PDIP, dan Gerindra sebagai Calon Gubernur Sulawesi Barat berpasangan dengan Enny Anggraeny Anwar. Mereka terpilih dan mulai menjabat pada 12 Mei 2017.

Pendidikannya S1 ditempuh di STIA LAN-RI Makassar (1994 ) dan Magister di Universitas Hasanuddin (1997).

Sejak dirinya menjabat sebagai Bupati Polman, ia dikenal sebagai sosok pemimpin yang sederhana, dan dekat dengan bawahannya. Tipikal Kepemimpinan ABM tersebut tidak pernah berubah, dan begitu pula yang dirasakan oleh Jajaran OPD Lingkup Pemprov Sulbar sejak ia dilantik sebagai Gubernur Sulbar pada tahun 2017.

” Sosok Gubernur Alibaal Masdar adalah soso sederhana, ia memimpin dengan hati dan dengan bawahan tak berjarak,” Ujar Sekprov Sulbar Dr.Muh.Idris DP saat Acara Yasinan bertepatan dengan Yaumul Milad Alibaal Masdar ke 61 tahun di kediamannya di Matakali pada Sabtu 29 Mei 2021.

Dengan tipikal kepemimpinan yang dimiliki oleh Gubernur ABM tersebut sambung Idris, menjadi spirit tersendiri bagi jajaran OPD Lingkup Pemprov Sulbar, dalam bekerja dengan semangat yang selalu didorong olehnya yakni bagaimana Sulbar ini menjadi provinsi yang maju dan malaqbiq.

” Atas tipikal Kepemimpinan yang dimiliki oleh beliau, kita di jajaran Sekertariat dan OPD Lingkup Pemprov Sulbar menjadikannya sebagai spirit dalam bekerja secara bersama-sama dalam kebersamaan untuk mewujudkan Provinsi Sulbar yang maju dan Malaqbiq sebagaimana yang selalu beliau sampaikan,” timpalnya.

Selain sisi kesederhanaan yang dimiliki, sosok Gubernur ABM juga dikenal sebagai sosok yang religius dan memiliki tingkat perhatian terhadap masyarakat bawah yang tidak berkecukupan.

” Selain sederhana dan bekerja dengan hati, Beliau juga dikenal religius dan memiliki perhatian dan kepedulian tinggi terhadap masyarakat bawah yang tidak berkecukupan, dan dengan tipikal ini serasa sulit kita mencari sosok yang memiliki tipikal kepimpinan seperti ini,” simpul mantan Dosen dan Deputi LAN RI ini.|asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *