Jumat, Oktober 4, 2024

Bupati Berharap Isi Alquran Diprepresentasikan dalam Kehidupan Sehari-Hari

- Advertisement -

BANNIQ.Id.Majene. Pemerintah Kabupaten Majene bekerjasama dengan Kemenag Majene, PHBI Majene melaksanakan Peringaran Malam Nuzulul Quran 1443 Hijriah, Selasa 19 April 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan sekira pukul 19.30 Wita bertempat di Masjid Nurul Abrar Labuang Kecamatan Banggae Timur yang mengambil tema “Nuzulul Qur’an sebagai momentum untuk mensucikan jiwa di Bulan Suci Ramadhan menuju Majene Unggul, Mandiri dan Religius. Hadir dalam peringatan tersebut Bupati & Wakil Bupati Majene, Wakapolres Majene, Kasdim 1401 Majene, Kajari Kab. Majene, Ketua Pengadilan Agama, Sekda Majene, Kepala Kantor Kemenag Majene, Ketua Baznas Kab. Majene, para Pimpinan OPD Majene, tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kel. Labuang serta para Jemaah di Masjid Nurul Abrar Labuang.

Dikesempatan tersebut, Bupati Majene Andi Achmad Syukri menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Labuang dan masyarakat Majene secara umum sehingga sehingga terpilih menjadi Bupati Majene Periode 2021-2026. di Moment Bulan Suci Ramadhan ini, ia mengajak seluruh pihak bersatu dalam kebersamaan membangun Majene Rumah Kita, dengan spirit untuk melakukan perubahan melalui visi kami, Majene Unggul, Majene Mandiri dan Majene Religius.

Ia juga menyampaikan Al_Qur’an sebagai risalah terakhir yang sempurna membawa banyak pesan yang harus direpresentasikan dalam kehidupan sehari – hari. Saat Allah SWT menurunkan Al-Quran, manusia sedang mengalami kekosongan, kemunduran akhlak dan kehancuran problem kemanusiaan, sosial politik dan ekonomi. Kitab suci tersebut telah mencakup seluruh aspek kehidupan manusia seperti pola hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan antar sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitar” bahkan Rasulullah sendiri dibina akhlaknya langsung oleh Al-Quran ” ucapnya. Mantan Sekda Majene ini juga berharap bulan Ramadhan ini, menjadi momentum memperbaiki dan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman terhadap ajaran Al-Quran. Seperti yang dinyatakan dalam Hadits Ibnu Mas’ud “sebaik – baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya”. mempelajari dan mengajarkan disini tidak terbatas dalam konteks bacaan, tetapi lebih dari itu, mempelajari dan mengajarkan nilai dan ajaran Al-Quran secara utuh dan menyeluruh” jelasnya.

Baca Juga >>   Kejurnas Panahan Borneo 09 Graha KNPI di Balikpapan, Tim Archer Sulbar Sabet Dua Medali Perak dan Satu Medali Chopper

Sebelumnya Ketua Baznas Kab. Majene H. A. Majid Jalaluddin yang didapuk sebagai pembawa hikmah peringatan Malam Nuzulul Quran 1443 Hijriah Tingkat Kabupaten Majene. Ia mengatakan bulan Ramadhan ini menjadi momen yang sangat penting untuk memperbaiki bacaan, memperbanyak bacaan. Namun jangan lupa diiringi dengan memahami, mentadabburi dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. ” kita harus berupaya menjadikan Alquran sebagai petunjuk kita, sebagai sebab kita mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Karena itu Imam Asy-Syafi’i pernah mengatakan dalam kitabnya Ar-Risalah : “Maka wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab ini, yang dapat ia sanggupi untuk dijangkau”. Kemudian setelah itu Al-Imam Asy-Syafi’i mengatakan: “Agar dengannya (bahasa Arab) kita bisa membaca Alquran dan ini adalah proses awal kita mengambil hidayah dari Alquran” tuturnya.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Majene Marwan Wahdin dikesempatan tersebut juga menyampaikan sesuai Program kerja Bupati Kab. Majene Majene Unggul, Mandiri dan Religius, ia berharap Masyarakat Majene dapat lebih meningkatkan ketaatan dan pengetahuan Religiusnya dengan lebih sering membaca dan memahami isi dalam AlQur’an serta dengan kegiatan-kegiatan Pemkab. Majene kaitannya dengan Majene Religius.

Acara di akhiri dengan Sholat Tarwih secara berjamaah dilanjutkan dengan penyerahan lomba yang diadakan pengurus Masjid Nurul Abrar Labuang.|asd

BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: