Jumat, Oktober 4, 2024

Dispora Mamuju Gelar Penguatan Kapasitas Operator Dapodik

- Advertisement -

BANNIQ.Id. Mamuju. Tersedianya data Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di setiap sekolah mulai dari jenjang SD sampai SLTP untuk Kabupaten sesuai kewenangannya, sangat penting untuk menjadi dasar Kemendikbud melakukan intervensi bantuan anggaran melalui DAK.

Untuk Kabupaten Mamuju, peran para operator sekolah yang menginfut dapodik sangat dibutuhkan khususnya mereka yang memiliki kapasitas SDM yang memiliki Skill yang kompeten.

Untuk maksud tersebut, belum lama ini Dispora Mamuju melaksanakan penguatan kapasitas operator sekolah dari jenjang SD dan SMP.

” Hari ini sebetulnya hanya penguatan kapasitas bagi operator Sekolah baik di SD maupun SMP sebelum nantinya kita terbitkan SK sebagai Operator,” jelas Kabid SD Dispora Mamuju,Haedar,S.Pd. usaai mengarahkan par aoperator yang mengikuti penguatan kapasitas belum lama ini di salah satu warkop di Mamuju.

Kehadiran dan keberadaan Operator kata Haedar sangat penting, karena maksimalnya penginfutan Dapodik setiap sekolah ditentukan oleh kapasitas Operator.

” Keberadaan Operator sangat penting, karena maksimalnya penginfutan Dapodik ditentukan oleh operator yang punya kapasitas, apalagi Mentri Nadim itu memotret kondisi pengembangan pendidikan dari desa hingg ke kota itu melalui Dapodik,” jelas Haedar

Untuk rasio operator untuk tiap sekolah kata Haedar diupayakan satu sekolah satu operator meskipun di daerah tertentu seperti di Kalumpang dan Bonehau, masih dihendel satu operator untuk beberapa sekolah.

” Kita upayakan satu sekolah satu operator, meskipun di daerah tertentu ada satu operator menghendel beberapa sekolah, in terkait kapasitas karena jadi operator itu mesti memiliki kecakapan khusus,” pungkasnya.|***

Baca Juga >>   Kejurnas Panahan Borneo 09 Graha KNPI di Balikpapan, Tim Archer Sulbar Sabet Dua Medali Perak dan Satu Medali Chopper
BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: