Jumat, Oktober 4, 2024

Pj Gubernur Sulbar Apresiasi Pengelolaan Balai Benih Ketahanan Pangan di Polman

- Advertisement -

Pj Gubernur Sulbar, Prof.Dr.Zudan Arifakhrulloh saat Berada di BNTPH Polman(photo:repro)

BANNIQ.Id. Polman. Pj. Gubernur Sulawesi Barat, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, memantau proses pengelolaan benih dan pruduksi Padi di Balai Benih Ketahanan Pangan dan Holtikultura ( UPTD – BNTPH) Sulbar, di Kabupaten Polewali Mandar, Minggu, 13 Agustus 2023. Kunjungan pj Gubernur Sulbar ke BNTPH didampingi oleh kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Ir. MukhtarTurut hadir Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Jamil Barambangi, Kepala Dinas Kominfopers Sulbar, Mustari Mula, Kadis Perhubungan Sulbar, Madda Reski Salatin, Kepala Biro Umum Sulbar, Ansar Malle dan tamu undangan lain.

Dalam kunjungan ini Prof Zudan mengapresiasi jajaran UPTD BNPTH Polman dalam mengelola proses pembenihan dan produksi hasil pertanian. Sementra itu pada kesempatan lain masih dalam rangkaian kunjungan Pj Gubernur ke desa Batupanga Kabupaten Polman, Prof.Zudan menghimbau kepada Dinas Tanaman Pangan , Holtikultura, dan Peternakan (DTPHP) Sulbar untuk mengantisipasi kekeringan akibat Fenomena El-Nino, untuk menjaga kestabilan produksi Pertanian dan Perkebunan.

Olehnya, PJ Gubernur Sulbar  Prof.Zudan Arif Fakrulloh mengecek kesiapan infrastruktur serta mendengar pengarahan kepada Dinas Perkebunan dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertanian (DTPHP) Sulbar saat berkunjung di Desa Batupanga Daala di Kecamatan Luyo, Polewali Mandar, Minggu, 13 Agustus 2023.

Pj Gubernur Sulbar, Prof.dr.Zudan Arifakhrulloh, saat berkunjung di area perkebunan Desa Batunga Kecamatan Luyo Polman(Photo:Repro)

“Kita akan mengoptimalkan yang dikerjakan Dinas Perkebunan dan DPSHP Sulbar. Terutama dengan menyiapkan dulu infrastrukturnya, agar air bisa tersedia di sepanjang tahun,” ujar Prof.Zudan.

Dalam kunjungan ini pula Prof.Zudan memberikan arahan terkait perencanaan dan eksekusi di lapangan, khususnya pada DTPHP.

“Perencanaan harus  dibuat matang, penganggarannya lebih detail lagi dan eksekusi di lapangan harus dimonitor, harus dikontrol. Cek dilapangan. Selama ini sudah dilakukan tetapi perlu diintensifkan lagi,” kata Sestama BNPP ini.

Baca Juga >>   Pemkab Mateng Terima 225 P3K TA 2024, Seleksi Segera Dilaksanakan

Menurutnya, dengan mendorong sektor pertanian maka pertumbuhan ekonomi di Sulbar akan lebih meningkat.

“Kalau perkebunan dan pertanian bagus  perekonomian kita meningkat lebih cepat lagi. Karena 54 persen masyarakat Sulbar bertumpu di sektor ini, pertanian, meliputi perkebunan perikanan,” pungkasnya.

Zudan juga mengajak kepada masyarakat agar tetap konsisten menjaga pasokan pangan dengan tidak boros pangan.I***

BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: