Jumat, Oktober 4, 2024

Junda Maulana Berharap Kelembagaan Bapperida di Kabupaten Segera Terbentuk

- Advertisement -

BANNIQ.Id. Sulbar. Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendorong pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) atau Bapperida di kabupaten.

Menurut Kepqla Bapperida Sulbar, Junda, Pemerintah Kabupaten Mamasa menjadi kabupaten terakhir yang menyampaikan proposal pembentukan BRIDA/Bapperida Kabupaten di Sulbar.

Secara simbolis, proposal tersebut diserahkan oleh Pj. Bupati Mamasa kepada Sri Nuryanti, selaku Direktur Kebijakan Riset & Inovasi Daerah BRIN pada Selasa (11/6/2024) yang lalu. Penyerahan tersebut pun melengkapi proposal pembentukan BRIDA/Bapperida untuk 6 Kabupaten se-Sulbar

“Kami telah menugaskan Pejabat Fungsional Peneliti dan Staf Teknis Bidang Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Sulbar untuk mendampingi kunjungan kerja Tim Kedeputian Riset dan Inovasi Daerah BRIN, melakukan audiensi kepada Pj. Bupati Mamasa pada Selasa (11/6/2024) lalu di Ruang Kerja Pj. Bupati Mamasa.” terang Junda Maulana.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Kebijakan Riset & Inovasi Daerah BRIN Sri Nuryanti menyampaikan, jika BRIDA/BAPPERIDA mengorkestrasi seluruh masalah dan mencari Solusi. Jadi, jika ada problem terkait nomenklatur Bapperida/Brida tidak serta merta harus ada peneliti karena sifatnya multi stakeholder cooperation bisa bekerjasama dengan Universitas, kalangan swasta juga dengan BRIN.

Diharapkan nanti provinsi segera menyusun Rencana Induk Peta Jalan Pemajuan Iptek (RIPJPI) yang akan memuat tentang potensi produk unggulan daerah, ekosistem riset dan Inovasi Daerah juga isu-isu strategis.

Sementara Pj. Bupati Mamasa M. Zain menyampaikan, terkait pengembangan Mamasa, Mamasa memiliki banyak potensi dengan adanya Brida/Bapperida diharapkan ada Kerjasama dengan para peneliti dengan BRIN untuk dapat melakukan kajian dan memetakan potensi-potensi unggulan di Mamasa.

Merespon hal tersebut, Perwakilan dari Bapperida menyampaikan jika Bapperida telah menyiapkan perencanaan untuk penyusunan Rencana Induk Peta Jalan Pemajuan Iptek pada tahun ini.|***

Baca Juga >>   Sinkronisasi Data Peningkatan Jalan,Kementerian PUPR dan Dinas PUPR Se Sulbar Gelar Rakor
BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: