Sabtu, April 13, 2024

Bapperida Sulbar Fasilitasi Kegiatan Konsultasi Ranwal RPJPD Kab.Pasangkayu 2025

- Advertisement -

BANNIQ .Id. Sulbar. Dalam rangka penyelarasan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memfasilitasi Kegiatan Konsultasi Rancangan Awal (Ranwal) RPJPD Kabupaten Pasangkayu 2025 – 2045, di Mamuju, Senin (25/3/2024).

Kegiatan ini berlangsung secara virtual, dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bapperida Sulbar, Hasanuddin, dengan melibatkan seluruh perangkat daerah, baik di lingkup Provinsi maupun Kabupaten Pasangkayu.

Pada paparannya, Hasanuddin menyebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam RPJPD.
“Dalam penyusunan RPJPD ini, terdapat hal – hal yang perlu diperhatikan untuk menyelaraskan dengan RPJPN Tahun 2025 – 2045, yaitu terkait 5 sasaran visi, 8 misi, 17 arah pembangunan, 45 indikator utama pembangunan, 20 upaya transformatif super prioritas, serta 4 tahapan pembangunan. Selain itu, juga menyesuaikan peran Sulawesi sebagai penunjang Superhub ekonomi nusantara dan industri berbasis sumber daya alam, serta Sulawesi Barat sebagai sentra pengolahan komoditas perkebunan, juga terkait 103 arah kebijakan transformasi Sulawesi Barat.” ujarnya.

Kemudian untuk menyelaraskan dokumen ini, Bapperida Sulbar menyampaikan beberapa masukan untuk perbaikan Ranwal RPJPD Kab. Pasangkayu 2025 – 2045, khususnya penyesuaian target pembangunan dengan kesepakatan dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) pada Rabu lalu (20/3/2024).

Sementara itu, ditemui di Kantor Bupati Polewali Mandar, Kepala Bapperida, Junda Maulana menjelaskan pentingnya kegiatan ini.
“Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, melalui kegiatan ini, Bapperida Provinsi Sulawesi Barat berkewajiban untuk memastikan RPJPD Kabupaten selaras dengan RPJPD Provinsi Tahun 2025 – 2045 dan RPJPN Tahun 2025 – 2045. Hal ini penting untuk mewujudkan tujuan pembangunan Sulawesi Barat untuk 20 tahun ke depan, yaitu Sulawesi Barat yang Malaqbi, Maju dan Berkelanjutan.”, pungkas Junda.|***

Baca Juga >>   Pasca Adanya Akun Palsu FB Atasnamakan Pj Gubernur Sulbar,Kepala Bapperida Himbau Jajarannya untuk Waspada
BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: