Jumat, Juli 12, 2024

Kuatkan Kerjasama Pengendalian Inflasi, Bapperida dan BI Perwakilan Sulbar Rakor Bersama

- Advertisement -

BANNIQ.Id. Sulbar. Dalam rangka memperkuat kerja sama antara pihak pemerintah dan lembaga keuangan terkait pengendalian inflasi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) melalui Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Sulbar melakukan rapat koordinasi dengan Bank Indonesia Perwakilan Sulbar, pada Selasa (11 Juni 2024) di ruang rapat kantor perwakilan BI.

Mewakili Kepala Bapperida Sulbar Junda Maulana, Plt. Kepala Bidang Riset dan Inovasi Daerah Bapperida Sulbar Muh. Saleh menyebut, rapat tersebut membahas strategi dan langkah-langkah untuk mengendalikan inflasi dalam sektor pangan.

“Tadi Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulbar Achmad menyatakan, inflasi di sektor pangan merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, kerja sama yang erat antara Pemprov Sulbar dan Bank Indonesia sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.” ungkap Muh. Saleh saat ditemui usai pertemuan.

Dalam rapat tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan sinergi dalam mengawasi dan mengendalikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan kenaikan harga pangan. Salah satu langkah yang disepakati adalah dengan melakukan pemantauan terhadap ketersediaan dan distribusi pangan di pasar, serta melakukan intervensi jika diperlukan untuk mengontrol harga, memberikan dukungan dalam hal pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) dan Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP) sehingga stabilitas harga pangan dapat terjaga agar dapat membantu mencegah terjadinya spekulasi harga yang dapat memicu inflasi.

Secara terpisah, Junda Maulana menyampaikan, rapat koordinasi antara Bapperida Sulbar dan Bank Indonesia ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama serta menjalin sinergi yang lebih baik dalam mengendalikan inflasi, sehingga dapat menciptakan stabilitas harga pangan dan kesejahteraan masyarakat Sulbar secara keseluruhan.

Baca Juga >>   Berkunjung ke Tambak Udang Vaname di Bambalamotu, Pj Gubernur Sulbar Ajak Warga Geluti Usaha Perikanan

Sementara itu, Tim Koordinator BRIN Muh. Zulham Dani mengatakan, langkah dan strategi yang diterapkan oleh Pemprov Sulbar bersama Bank Indonesia akan dikolaborasikan bersama beberapa daerah dengan angka inflasi terendah, yang nantinya dapat diterapkan untuk menekan angka inflasi di daerah lain. |****

BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: