Pantai Babana Banjir Ikan “Penja”

Hits: 24

BANNIQ.Id.Mateng| Warga Banana dihebohkan munculnya koloni ikan seribu atau ikan penja di Pantai Desa Babana, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Pasalnya ikan ini hanya muncul sekali dalam setahun.

Dalam beberapa hari terakhir, warga setempat baik tua maupun muda beramai-ramai ke pinggir pantai untuk mendapatkan ikan Penja.

Sifat ikan Penja yang berkoloni, membuat warga mudah mendapatkan ikan berukuran kecil tersebut. Mereka menangkap ikan hanya berbekal alat, seperti Timba, bunde dan panambe demikian warga setempat menyebutnya, sementara panambe adalah alat dengan ukuran skala besar.

Selain di dalam air, warga, khususnya anak-anak, mengumpulkan ikan seribu yang terdampar di pinggir pantai. Salah seorang warga bernama uppi mengaku heran dengan kemunculan ikan seribu di pesisir pantai. Menurut dia, fenomena kemunculan ikan seribu di pantai Desa Babana, untuk tahun ini sudah dua kali terjadi.

“Kalau dulu setiap tahun, namun tahun ini dua kali muncul, jumlahnya juga jauh lebih banyak dari sebelumnya,” ungkap uppi ketika dimintai konfirmasi awak media, sabtu (20/06/2020).

Warga mengaku bahagia, lantaran kemunculan ikan seribu yang membanjiri pesisir pantai ini. Mereka merasa mendapat berkah yang tak terduga. 

“Kami Sangat bersyukur, ini sangat tidak kita duga-duga, soalnya selain dijadikan sebagai lauk sehari-hari, ikan yang kami kumpulkan juga dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup yang lain,” tutur uppi.|EE-S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *