Panwascam Pangale Lakukan Validasi dan Faktualisasi Coklik

Hits: 24

BANNIQ.Id.Mateng. Pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklik) di 9 Desa dengan jumlah PPDP 34 Orang di Kecamatan pangale Kabupaten mamuju tengah berjalan kondusif sebagaimana mestinya yang diatur undang – undang, Minggu (09/08/2020).

Pengawasan langsung proses coklik yang dilakukan PPDP hingga rekap nantinya menjadi tolak ukur keberhasilan pemilihan karena jika pencocokan dan penelitian data pemilihan tidak ditemukan ada ke ganjalan di dalam proses maupun rekap maka 80 % kerawanan dugaan pelanggaran telah terselesaikan.

“Melakukan validasi dan menguji data, bukan berarti meragukan pekerjaan yang telah di buat ataukah menguji ilmu pengetahuan penyelenggara teknis tetapi kami lakukan itu karena kami tidak memiliki data pembanding yang sama seperti yang dimiliki sahabat penyelenggara teknis untuk itu izinkan kami untuk memvalidasi dan memfaktualkan hasil kinerja selama tahapan berlangsung.”Ungkap Uphy

Semakin terbuka itu data maka semakin besar peluang pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah sukses kedepannya dalam penyelenggaraanya, di samping itu tujuan utama agar Demokrasi kita berjalan sebagaimana mestinya tidak ada yang menjadi terkecualikan tentu dibutuhkan kordinasi persuasif terkait data agar data yang disajikan teruji dan vaktual di lapangan dan di publik.

Dia menambahkan, dengan bekal ilmu kepengawasan yang dimiliki oleh Para Pengawas meskipun sangat terbatas, namun bukan alasan untuk bagaimana mencari kebenaran ataupun kekeliruan tetapi pentingnya aktualisasi data secara akurat sehingga memancing adrenalin kepengawasan membara sehingga kinerja pengawasan di menjadi sesuatau yang sangat penting.

” Untuk itu izinkan kami selaku pengawas melakukan tugas kami tanpa diskriminasi atau tendensi dari pihak manapun agar pengawasan kami bisa berjalan sebagaimana mestinya sehingga cita cita Demokrasi kita berjalan sebagaimana mestinya sehingga aktualisasi data secara akurat dapat dipertanggung jawabkan di hadapan publik,” Pungkasnya.|Erick/S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *