Tim Gutus Akui Alat TCM Sangat Menunjang Penanganan Pasien Covid 19

Hits: 5

Gambar : Ilustrasi hasil Tes Covid 19

BANNIQ.Id. Sulbar.Percepatan deteksi dini terjangkit tidaknya Covid 19 melalui Laboratorium sudah dilakukan sendiri Pihak RSU Provinsi Sulbar sejak rabu,13 Mei 2020 melaui pemeriksaan PCR untuk terduga Covid19 dengan metode A Qualitative Rapid, Real Time PCR menggunakan mesin TCM (Tes Cepat Molekuler) yang ada di RSUD Provinsi Sulawesi Barat. “ jadi berdasarkan SK Gubernur Provinsi Sulawesi Barat maka RSUD Sulawesi Barat itu menjadi Rumah sakit rujukan Covid 19. Sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan penanganan Coviod harus diselesaikan melalui rumah Sakit milik Pemprov ini. Ya, disini kita sudah bisa melakukan pemeriksaan PCR dengan metode A Qualitative Rapid, Real Time PCR menggunakan mesin TCM (Tes Cepat Molekuler). Alhamdulillah kini kita sudah bisa melakukan pemeriksaan sendiri. Pemeriksaan Cobvid 19 kini ada di Sulawesi Barat,” ujar kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, dr.Alief Satria.,Usai memonitor Pemeriksaan PCR di RSU Provinsi Sulbar belum lama ini.

Terpisah Anggota Tim Gugus Tugas (Gutus) Covid 19 Sulbar,dr.Muh.Ikhwan juga mengapresiasi berfungsinya alat TCM untuk mendeteksi Covid 19.

” Alhmdulillah minggu ini sangat menggembirakan kita karena pasien-pasien Covid19 banyak yang sudah sembuh dan termasuk karena dukungan alat pemeriksaan TCM yang sudah mulai beroperasi sehingga pemeriksaan spesimen sudah cepat tidak lagi menunggu berhari-hari dari Makassar,” Tulis Ikhwan melalui akun FBnya, Jum’at (15/5/2020).

Untuk daftar pasien Covid 19 sembuh tambah Ikhwan, paling banyak berasal dari Cluster Pontanakayyang Mateng. Untuk itu sebut Ikhwan tim Gutus berharap tidak terjadi lagi ledakan-ledakan outbreak / terbentuknya cluster-cluster baru seperti Pontana kayyang dan Kandemeng.

“kita berharap tidak ada lagi ada ledakan outbreak kluster baru, sehingga kurva / penambahan kasus kita segera turun dan berhenti, dan kita bisa menjalani kehidupan yang normal kembali, seperti semula sebelum Pandemi Covid 19,” Harap Kabid Kesmas Dinkes Sulbar ini.

Di akhir statusnya Ikhwan lebih berharap agar masyarakat tetap kompak dan mengikuti anjuran pemerintah dan prokoler kesehatan.

” Ini bisa kita raih bila kita tetap kompak kerjasama untuk tetap jaga jarak, pakai Masker, rajin cuci tangan, Tetap jaga PHBS, kalau ada pembagian Sembako atau Zakat tetap mengindahkn protokol kesehatan,” Tulis ikhwan mengakhiri statusnya.|asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *