Jumat, Oktober 4, 2024

Langganan Banjir Rob, Dinas Perkim Sulbar Agendakan Program Penataan Pemukiman di Perumahan Granus 3 TA 2023

- Advertisement -
Kawasan Perumahan Granus 3 yang kerap dilanda Banjir Rob(photo;Banniq.id)

BANNIQ.Id.Mamuju.Kawasan perkotaan di Mamuju yang rentan terhadap Bencana seperti di Kompleks Perumahan Graha Nusa(Granus) 3 yang kerap mengalami banjir ROB, tatkala Air laut pasang, menjadi perhatian serius pemerintah Provinsi Sulbar melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) yang tahun depan mengagendakan penataan pemukiman yang berada di belakang Gedung asrama haji Mamuju tersebut.

” Setelah Perumahan BTN Maspol, Tahun depan juga kami agendakan untuk penataan pemukiman di Perumahan Graha Nusa 3, Kami prihatin dengan kondisi di kawasan permukiman ini yang sering mengalami banjir ROB,” jelas Kadis Perkim Sulbar,Ince Rahmad,SE,Jum’at (20/1).

Sebagai dasar untuk melaksanakan program tersebut kata Rahmad, tetap mengacu SK Kumuh dari Pemkab Mamuju.

” Dasarnya tetap kita menunggu SK Kawasan Kumuh dari Bupati Mamuju, semoga kawasan Granus 3 kembali masuk kawasan kumuh, dan berada diatas 10 sampai 15 hektar yang menjadi kewenangan Provinsi,” imbuhnya

Selain itu sambung Rachmad, Pemprov menyadari dan tidak bisa mengabaikan kondisi Pemkab yang memiliki keterbatasan karena masih banyak beban yang mesti diselesaikan.

Ditambahkan, Untuk maksimalisasi program penanganan kawasan permukiman tersebut Pihak Dinas Perkim akan berkolaborasi dengan pihak PU untuk menentukan batasan pengelolaan sesuai kewenangan masing-masing.

” Untuk maksimalisasi penanganannya, kami akan kolaborasi dengan Pihak PU, nantinya kita akan melakukan pengkajian tentang batasan kewenangan, kalau jalanan dan setapaknya sesuai SK kawasan kumuh nanti disitu kami masuk, namun bila Sungainya yang perlu ditangani itu menjadibkewenangan Balai Wilayah Sungai, olehnya dua Minggu ke depan kami akan melakukan pertemuan dengan pihak balai,” pungkasnya.

Sementara itu, iwarga Granus 3 mengapresiasi Rencana Program penanganan kawasan pemukiman oleh dinas Perkim Sulbar.

” Alhamdulillah bila akan ada program penanganan Permukiman di perumahan kami, karena memang setiap saat Banjir ROB di semua blok di Perumahan ini, semoga dengan penataan itu nantinya Banjir ROB tidak lagi melanda perumahan ini,” harap Yusran warga Perumahan Granus 3 kepada Banniq.id,Minggu(23/1).

Baca Juga >>   ABM-Arwan Dinilai Sebagai Pasangan Ideal, Diyakini Bakal Menangi Pilgub Sulbar 2024
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër
BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: