Rabu, April 17, 2024

Dandim 1427 Pasangkayu Kerahkan Jajarannya Lakukan Pembersihan Pangkalan dan Pengecetan Pagar

- Advertisement -
Personil Kodim 1427 Pasangkayi saat melakukan pembersihan dan Pengecetan Pagar makodim(photo:hen)

BANNIQ.Id, Pasangkayu— Demi menciptakan suasana yang nyaman dan lingkungan bersih dan sehat, Dandim 1427/Pasangkayu Letkol Inf Rachmat Yunus arahkan prajurit untuk melaksanakan pengecatan pagar dan pembersihan pangkalan kegiatan kantor Kodim dan Koramil, Jumat (17/03).

“Kantor Kodim dan Koramil merupakan satuan kewilayahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka dari itu harus mempunyai tampilan yang rapi dan bersih sehingga masyarakat yang di layani di kantor akan merasa lebih nyaman,” jelas Rachmat Yunus.

Dengan lingkungan dan tempat tinggal yang bersih tentu akan membawa suasana yang nyaman dan sehat, disamping itu juga akan memupuk rasa kerja sama dan jiwa gotong royong setiap prajurit untuk terlatih dan membiasakan diri untuk selalu hidup bersih.

“hal ini sangat bermanfaat bila dipraktekkan dalam kehidupan seorang prajurit ditengah-tengah atau dalam lingkungan masyarakat,” terang Dandim.

Lebih lanjut Rachmat Yunus mengatakan, untuk menjaga kebersihan dan kerapihan kantor, kegiatan pembersihan ini juga untuk memberikan contoh bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan, sehingga diharapkan masyarakat juga dapat merawat lingkungan masing-masing.

Salah satu kegiatan pembinaan satuan adalah pembinaan pangkalan, dimana yang menjadi prioritas adalah kebersihan dan kerapihan dari pangkalan itu sendiri.

“Pembinaan satuan dinyatakan berhasil salah satu indikatornya yaitu terciptanya pangkalan yang selalu dalam kondisi bersih dan rapi sesuai dengan slogan TNI yakni Aman Bersih Tapi dan Indah,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan untuk mengetahui disiplin prajurit dilihat bagaimana kebersihan asramanya, kalau bersih berarti prajuritnya disiplin. Kalau komandan dan prajuritnya tidak peduli menjaga rumahnya sendiri, bagaimana dia ingin menjaga rumah rakyatnya.

“Sangat gampang melihat disiplin Tentara, lihat asramanya,” tegasnya.

Menjelang Bulan suci ramadhan merupakan ibadah yang harus disambut dengan kebersihan baik hati maupun lingkungan, karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia.

“Kebersihan merupakan sebagian dari iman, maka dari itu salah satu kegiatan yang dilakukan menjelang bulan suci ramadhan yaitu membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal,” ucapnya.|hen/***

BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: