Hingga Tahun 2020, Pemprov Sulbar Bakal Selesaikan 47 % Pembangunan Infrastruktur Jalan

Hits: 14

Capaian Pembangunan Jalan Provinsi Tahun Anggaran 2017.(photo:dok PU)

BANNIQ.Id.Sulbar. Sebagai salah satu visi pembangunan yang tertuang dalam RPJMD Pemprov Sulbar dibawah Kepemimpinan Gubernur HM Alibaal Masdar dan Wagub Hj.Enny Anggraeny Anwar, Pembangunan infra struktur jalan sebagai media pendukung akses transfortasi dan ekonomi masyarakat, terus digalakkan,semenjak awal periode tahun anggaran 2017.

Sesuai kewenangan yang dimiliki, Pemprov Sulbar melalui Dinas PU dan Tata Ruang telah melakukan akselerasi pembangunan dan pengembangan jalan dan jembatan, sesuai statusnya, yakni jalan Provinsi,Jalan startegis Nasional dan Jalan Strategis Provinsi.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU dan Tata ruang Provinsi Sulbar, Nur Dajwi,ST,MT Selasa (29/6/2020) menjelaskan, untuk pembenahan dan perintisan jalan yang menjadi kewenangan Pemprov, terdapat sekira 349 ,67 KM ruas jalan di Enam Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, dan Sesuai porsi anggaran yang tersedia untuk pembenahan ruas jalan tersebut telah dilakukan secara bertahap setiap tahun, terhitung tahun pertama periode Gubernur dan Wagub Sulbar pada tahun 2017.

” Di tahun 2017 kita telah menyelesaikan peningkatan jalan sekira 1.9 KM, di beberapa ruas jalan di Kabupaten Mateng, Majene dan Mamuju,” Urai Kabid yang Karib disapa Nur ini.

Selain peningkatan jalan, Sebut nur Dinas PU dan TR Sulbar juga telah menyelesaikan pembangunan jembatan maupun Boks Culver, sebagai bahagian dari pembangunan jalan pada setiap ruas jalan yang ditingkatkan pada tahun anggaran 2018.

Peningkatan Jalan tersebut antara lain kata Nur, peningkatan ruas jalan Lampa-Matangnga sepanjang,11.938 KM,Pengerasan/Pelebaran jalan Sumare-Tappalang, sepanjang 5.930.KM,Peningkatan Ruas jalan Tabone-Mamasa sepanjang 7.4 KM, Peningkatan Ruas Jalan Tikke-Batas Sulteng sepanjang 3.350 KM,kemudian beberapa jembatan Boks Culver.

data capaian Pembangunan/perintisan Jalan Kewenangan Pemprov TA 2018.(photo:dok PU)

Upaya peningkataan dan pengembangan ruas jalan, terus ditingkatkan pada tahun berikutnya, dengan memprioritaskan ruas jalan sesuai tingkat kerusakan dan anggaran ynag tersedia. Sehingga pada tahun berikutnya di tahun anggaran 2019,Dinas PU dan TR Sulbar sambung Nur, seperti Peningkatan jalan Lampa-Matnggnga sepanjang 4.5 KM, ruas jalan Salu Tambung -Urekang sepanjang ,3.3 KM,ruas jalan Salubatu-Bonehau,sepanjang 2 KM dan ruas jalan Tobadak I-Tobadak VIII.

Kemudian untuk tahun anggaran 2020 ini sebahagian paket Pekerjaan sudah ada yang berjalan,ada yang masih proses tender dan ada yang dalam proses. Untuk target yang ingin dicapai terhadap pembangunan dan peningkatan jalan Provinsi,Dinas PU dan TR menargetkan selesai hingga 47.65 % .

photo Capaian Pembangunan Jalan Provinsi TA 2019 dan Gambaran Kondisi Jalan Provinsi(photo:dok PU)

” Hingga tahun anggaran 2020 ini kita menargetkan pembangunan dan peningkatan jalan provinsi selesai hingga 47.65% dari total 349 KM yang harus dibenahi, dengan estimasi rata-rata per ruas jalan itu Rp. 4.5 M, dengan total anggaran yang dibutuhkan secara total sebesar Rp 982 M sampai tuntas, disinilah pemahaman masyarakat dibutuhkan terkait pembangunan jalan ini, kami paham sekali keinginan masyarakat untuk menikmati jalan yang mulus dan memudahkan akses pergerakan mereka,namun lagi-lagi kami harus mengatakan agar masyarakat bersabar mengingat anggaran yang terbatas,” pungkas Kandidat Doktor Enggenering ini.|asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *