Kaban Litbang dan Diklat Kemenag Beri Kultum di Masjid Kantor Gubernur Sulbar

Hits: 54

Kaban Litbang dan Diklat Kemenag RI,Prof.Dr.H.Abd.Rahman Mas’ud,P.Hd.saat menyampaikan Kultum di Masjid Nurul Anwar Komp.Kantor Gubernur Sulbar(Photo:Lan)

BANNIQ.Id.Sulbar.kepala badan litbang dan diklat kemenag RI Prof. Dr. H. Abd. Rahman Mas’ud, Ph.d didampingi oleh kepala pusat penelitian dan pengembangan lektur khazanah keagamaan dan manajemen organisasi badan litbang dan diklat kemenag RI Dr. H. Muh. Zain, S. Ag, M. Ag, Ka. Kanwil kemenag Sulbar Dr. H. M. Muflih B Fattah, MM beserta pejabat eselon III menyerahkan buku kepada bapak Gubernur Sulbar Drs. H. A. Ali baal Masdar bersama Sekretaris daerah provinsi Sulbar Dr. H. M. Idris DP yang berjudul ” mendakwahkan Smiling islam dialog kemanusiaan islam dan barat ” serta buku tentang harmony kemanusiaan, ” Menggali kearifan memupuk kerukunan ” usai melakukan shalat subuh berjamaah dan kultum di masjid baitul Anwar kompleks perkantoran Pemprov Sulbar, Sabtu, (21/9/2019)

Dalam kultum tersebut, sangat singkat namun banyak hikmah dan makna yang bisa dipetik apalagi pemprov sulbar tengah bersuka ria menyambut 15 tahun berdirinya provinsi sulbar yang maju dan malaqbi serta tema sentral, ” human capital dan kebudayaan unggul dan malaqbi “.

Dalam uraiannya, Ia memaparkan 3 fasilitas yang Allah anugrahkan kepada manusia, menurut jalaluddin rumi, ketiga lisan itu adalah : 1. dengarkanlah dengan penuh kesabaran karena disana ada harmony dan kasih sayang 2. Pandanglah setiap sesuatu itu dengan pandangan cinta dan kasih sayang. Hal ini sesuai dengan metode Iqra’ ( gerakan literasi budaya membaca ,) Salah satu yang sangat menarik adalah literasi yang sementara digalakkan oleh kita semua, dan survey terkini terkait literasi sulbar masih berada diurutan kedua dari bawah, ini harus menjadi agenda utama kita, agar gairah membaca dapat ditingkatkan ” ungkapnya penuh makna.

Gubernur Sulbar,Drs.H.M Alibaal Masdar,M.Si,Sekprov Sulbar,Dr.Muh.Idris DP dan Kakanwil Kemenag Sulbar,Dr.H.Muflih B Fattah, saat mendengarkan Kultum Yang Disampaikan Kanan Litbang dan Diklat Kemenag RI,di Masjid Nurul Anwar(photo:Lan)

Dan yang ketiga Berbicaralah dengan bahasa cinta dan kasih sayang, tebarkan cinta antar sesama ditengah-tengah masyarakat, pertahankan budaya malaqbi, sebab disanalah harmonisasi yang melahirkan kebaikan, kedamaian dan keteladanan.

Di akhir kultumnya ia mengutip salah satu firman Allah SWT dalam surah Ar-Rahman agar kita menjadi hamba yang pandai bersyukur yaitu : ” fa bi ayyi ala i rabbi kuma tukadzdziban ” nikmat tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan. Selamat kami ucapkan kepada bapak Gubernur dan Sekprov Sulbar, Kakanwil Kemenag Sulbar dan Masyarakat Sulbar di hari jadinya yang ke 15, semoga budaya Malaqbi terus dapat dipertahankan.|Lan.sm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *