Mateng Dapat Bantuan Alat Pemberi Informasi Gempa dari BMKG

Hits: 22

BANNIQ.Id.Mateng. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng)Melaunching Penggunaan Alat Waening Receiver System (WRS) New Generation sebagai pemberi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami serta info Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat Lainnya.

Acara tersebut berlangsung di Kantor BPBD Mateng, Rabu (02/06/2020) yang dihadiri Kepala OPD lingkup Pemkab Mateng, serta tamu undangan lainnya.

Dalam penyampainnya Sekretaris BPBD Mateng Awaluddin A, S.Sos mengatkan bantuan BMKG Pusat WRS adalah salah satu alat desiminasi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dan informasi BMKG lainnya.

“kalau kemarin-kemarin kita dapat informasi gempa itu berhari-hari, dengan alat ini dalam waktu tiga menit sudah dapat kita ketahui pusat gempa itu dimana,” terangnya.

Awaluddin menambahkan, alat tersebut manfaatnya adalah tindakan mitigasi, meminimalisir korban nyawa, harta dan tindak evakuasi khususnya penduduk yang terdampak gempa bumi, tsunami.

Ia juga katakan “untuk masyarakat mateng bila ingin segara mendapatkan informasi BMKG Pusat silahkan mendaftarkan nomor Handphonenya, jadi siapapun yang terdaptar disistem WRS ini akan selalu mendapatkan informasi BMKG diseluruh indonesia melalui Via Handphone,” ungkap sekretaris BPBD mateng.

Sementara Sekretaris Kabupaten (Sekkab) H. Askary Anwar, S.Sos,.M.Si, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas bantuan dari BMKG Pusat.

” Kami berterima kasih dan apresiasi atas bantuan dari BMKG pusat dan terima kasih juga kepada pemerintah provinsi sulawesi barat, dan ini satu kemajuan terhadap antisipasi gempa bumi dan tsunami diwilayah mateng,” ucapnya.

Lanjut ia katakan agar alat ini dapat berfungsi dengan baik maka dinas terkait harus bersinergi dengan semua pihak demi keselamatan masyarakat kita, dan perlu kesiap siagaan kita untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan. EE/S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *