Pembukaan Rakorda Gerak Dihadiri Petinggi Polda dan Kejati Sulbar

Hits: 70

BANNIQ.Id.Sulbar. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Rakyat Anti Korupsi (Gerak) Provinsi Sulbar gelar Rakor dan Rakorda yang menghadirkan Ketua DPC Gerak Se Sulbar.

Pembukaan Rakorda dan Rakerda I Gerak tersebut berlangsung Hari ini, Sabtu(28/12/2019) di Wisma Paulle Mamuju, Selain dihadiri Ratusan Pengurus DPD dan DPC Gerak se Sulbar hadir pula Kapolda Sulbar yang diwakili Kasubdit I Krimsus Polda Sulbar, AKBP H.Musa,SH;MH, Kasi Perdata Kejati Sulbar, Nasruddin, Kaban Kesbangpol Pemprov Sulbar,Drs.HM Rahmat Sanusi dan Ketua Dewan Pembina LSM Gerak Sulbar yang juga Anggota DPRD Sulbar,Hatta Kainang,SH.

Dewan Pembina LSM Gerak Sulbar,Hatta Kainang,SH

Ketua panitia, Syafruddin Nas, melalui laporannya, mengatakan Gerak Sulbar akan hadir Membawa Jati dirinya sebagai lembaga yang melakukan pengawasan terhadap penyelenggara negara khususnya dalam memerangi tindak pidana Korupsi.

Meskipun kata Syafruddin, Gerak Sulbar masih Minim dari aspek Sumber Daya Manusia maupun sumber daya keuangan, namun hal itu tidaklah menyurutkan langkah Gerak dalam melakukan pengawasan dan pencegahan terjadinya Tindak Pidana Korupsi.

Kasubdit I Krimsus Polda Sulbar,AKBP H.Musa,SH;MH

Seperti Juga pelaksanaan Raker I Gerak Sumber meskipun dengan anggaran yang minim namun Pengurus Gerak baik-DPD maupun DPC Se Sulbar, tetap solid dan semangat untuk melaksanakan Rakerda Tersebut.

Sementara itu, Dewan Pembina DPD Gerak Sulbar, Hatta Kainang,SH mellaui sambutannya, mengapresiasi seluruh Pengurus DPD dan DPC Gerak Se Sulbar yang mampu melaksanakan Raker, yah tidak semua LSM bisa melakukannya.

Kasi Perdata Kejati Sulbar,Muhammad Nasran,SH;MH(photo:bnq)

” Saya mengapresiasi seluruh Pengurus Gerak Sulbar baik DPD maupun DPC atas kerjasamanya sehingga dapat Melaksanakan Raker hari ini, patut diketahui bahwa tidak semua LSM dapat melaksanakan Raker seoerti Ini,” Ujarnya.

Hatta Menambahkan, untuk progres Gerak ke Depan ia berharap Gerak Sulbar tidak monoton pada gerakan Penindakan tetapi juga gerakan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi.

” Apa yang telah dilakukan oleh Gerak selama ini sudah cukup bagus, namun ke depan saya berharap Gerak tidak monoton pada gerakan penindakan, tetapi juga gerakan pencegahan Tindak Pidana Korupsi,” Harapnya.

Hal lain yang disampaikan Hatta, yakni pentingnya pengawasan terhadap Oengolaan dana desa, agar pengelolaannya oleh Perangkat desa dapat berjalan dengan baik tanpa adanya tindakan korupsi.

” Saat ini juga pengelolaan dana desa harus diawasi salah satu caranya adalah memberikan pemahaman kepada kepala desa tentang pengelolaan dana desa, terutama dalam kaitan pencegahan terjadinya Tindak Pidana Korupsi oleh Perangkat desa,” Jelasnya.

Di tempat yang sama, Kasubdit I Krimsus Polda, AKBP H.Musa,SH;MH, mengatakan, laporan kasus tindak pidana korupsi yang ditangani oleh Polda sebahagian besar berasal dari Laporan LSM.

” Tak bisa dipungkiri bahwa laporan kasus tindak pidana Korupsi yang selama ini ditangani Polda Sulbar, sebahagian besar berasal dari laporan dari Teman-Teman LSM, untuk itu kami sangat apresiasi gerakan teman-teman LSM, dan kita tetap berharap tetap terbangun kordinasi yang baik,” Paparnya.

Kaban Kesbangpol Sulbar,Drs.HM Rahmat Sanusi(photo:bnq)

Dia menambahkan, sesuai kebijakan Presiden, untuk pemberantasan tindak pidana Korupsi, selain penindakan hal penting yang patut dilakukan adalah Pencegahan.

” Kami berharap kepada Teman-teman dalam melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi, Selain aspek Penindakan aspek Pencegahan juga penting dilaksanakan, hal itu sesuai dengan Kebijakan presiden,” Ungkapnya.

Kemudian Kasi Perdata,Kejati Sulbar yang mewakili Kajati, Muhammad Nasran ,SH;MH mengatakan sesuai arahan dari Kejagung bahwa, Di setiap Wilayah itu harus terbebas dari perbuatan tindak pidana Korupsi. Dia menambahkan untuk mewujudkan hal tersebut, Maka penegakan hukum terhadap tindak pidana Korupsi tidak hanya dilaksanakan mellaui penindakan tetapi juga upaya pencegahan.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Sulbar,Drs.HM Rahmat Sanusi, yang juga didaulat memberi Sambutan, mengatakan kehadiran LSM adalah untuk menjalin kordinasi dengan pihak Pemerintah, LSM hadir bukan untuk menakut-nakuti, tapi LSM adalah lembaga yang bekerja secara profesional dan bekerja sesuai hasil Kajian.

” Kehadiran LSM bukan untuk menakut-nakuti, tetapi ia hadir sebagai lembaga yang bekerja profesional, bekerja berdasarkan kajian,” Ungkapnya.

Pelaksanaan Raker Gerak, dirinya juga mengapresiasi,karena selam ini ratusan LSM yang terdata di Kesbangpol Sulbar, masih minim yang dapat bekerja secara tertib.

” Kami apresiasi atas Rakor yang dilaksanakan Gerak hari ini, Karena dari ratusan LSM yang terdaftar di Kesbangpol Sulbar minim yang melakukan kerja-kerja tertib seperti ini, jangankan Raker biasa ada LSM tiba-tiba tidak diketahui alamatnya karena mereka tidak melapor saat pindah kantor,” Pungkasnya.

Ketua panitia Rakorda Gerak,Syafruddin Nas(photo;bnq)

Ketua DPD Gerak Sulbar, Arman, yang mendapatkan kesempatan terakhir menyampaikan sambutan, mengatakan tujuan diadakannya Rakorda dan Rakerda Gerak adalah untuk menyusun Program Kerja 2020.

Pada kesempatan itu pula, Arman juga menyampaikan pesan dari Ketua DPP Gerak, yang mewanti-wanti Seluruh anggota Gerak baik di Pusat maupun di Daerah untuk tidak melakukan tindak pemerasan, dan jika ada anggota melakukan hal tersebut, maka pasti akan diberhentikan dari Gerak.

” Ijinkan say menyampaikan seruan ketua DPP Gerak, kepada seluruh anggota Gerak baik di Pusat dan daerah untuk tidak melakukan pemerasan, dan jika ada anggota gerak terbukti melakukan hal tersebut, pasti yang bersangkutan akan diberhentikan dari gerak dan tidak ada pengampunan,” Lugasnya.

Atas terlaksananya Rakorda dan Rakerda Gerak Sulbar Arman menyampaikan terima kasih kepada semua pengurus Gerak baik DPD maupun DPC yang telah bekerja maksimal untuk mewujudkan pelaksanaan Rakerda, dan sekiranya ada hal-hal yang kurang berkenan selama pelaksanaan acara, dirinya menyampaikan maaf atas kekurangan tersebut.|smd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *