Peringati Idhul Adha, Jamaah Masjid Nurul Amin Padang Baka, Siapkan 4 Ekor Hewan Qurban

Hits: 55

Pengurus Masjid Nurul Amin Padang Baka,H.Tanawali(photo:repro)

BANNIQ.Id.Mamuju. Rangkaian peringatan Hari Raya Idul Adha, adalah pemotongan hewan Qurban baik Sapi maupun kambing.

Berbagai komponen masyarakat saat ini telah melakukan persiapan pengadaan hewan Qurban yabg akan disembeli pada hari Raya Idul Adha pekan ini.

Tak pelak untuk pengurus Masjid Nurul Amin Padang Baka Kelurahan Rimuku Mamuju, untuk hari raya Idul Adha tahun ini akan menyembeli 4 ekor hewan Qurban.

” untuk sementara, pengurus mesjid Nurul Amin Padang Baka’ 4 ekor hewan Qurban untuk disembeli di hari raya Idhul Adha nanti,” Terang pengurus Masjid Nurul Amin Padang Baka, H.Tanawali Selasa (28/7/2020).

Hewan Qurban yang akan diqurbankan nanti lanjut Tanawali sebagai bentuk kesyukuran Masyarakat dan Jamaah masjid dan motivasi tentang pentingnya ajaran menyembeli hewan Qurban.

Lebih jauh Tanawali menyebut bahwa dalam QS.108. Al-Kqutsar, Allah berfirman;

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأَبْتَرُ (3)

Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.
Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang telah melaksanakan qurban, setelah orang itu keluar dari kubur nanti, ia akan menemukan qurbannya berdiri diatas kuburannya, rambut qurban itu terdiri dari belahan emas, matanya dari permata yaqult/safir biru, kedua tanduknya dari emas, lalu ia ter heran-heran dan bertanya, siapa kamu ini ?, aku belum pernah melihat sesuatu seindah kamu, hewan itu menjawab, aku adalah qurbanmu yang engkau persembahkan di dunia, sekarang naiklah keatas punggungku, berangkatlah mereka sampai ke naungan Arasy dilangit yang ke tujuh,

“Bukan hanya dagingnya, tapi setiap tetes darah, bulu, tanduk dan kuku dari hewan kurban adalah saksi di akherat kelak,” Ujarnya.

Tanawali menambahkan , ada dua hal yang sangat manarik hadist diatas, pertama; kenapa tanduk, bulu dan kukunya yang akan menjadi saksi di hari kiamat nanti, ini menunjukan bahwa disisi bagian hewan qurban paling tdk di butuhkan sekalipun, sangat besar dan sangat bermakna nilainya di hadapan Allah SWT.

” Jadi betapa besar balasan orang-orang yang berqurban,, yang kedua darah yang jatuh pada satu bejana Allah sebelum darah itu jatuh ketanah, dan bejana itu tidak bisa dilihat kasat mata oleh manusia, tapi Allah SWT lewat lisannya Rasulullah, mengatakan bahwa darah itu jatuh ke bejana Allah SWT sebelum menyentuh dan menyatu dengan tanah, ditafsirkan bahwa pahalanya sdh diterima oleh Allah SWT, Barakallah,” Pungkasnya|asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *