Polres Mamuju Kini Berubah Type jadi Polresta

Hits: 6

BANNIQ.Id. Sulbar – Kepolisian Resort (Polres) Mamuju Polda Sulbar kini naik tingkat menjadi Polresta. Peresmian perubahan type Polres Mamuju ditandai dengan upacara pengukuhan perubahan tipologi yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si, Rabu (11/12/2019), berlangsung di lapangan Apel Polresta Mamuju yang dihadiri oleh beberapa Pejabat dan Tokoh antara lain Kajati, Raja Mamuju, Danrem 142 Tatag, Kabinda, Danlanal, Kakanwil Perbendaharaan Provinsi Sulbar, para Pejabat Utama Polda Sulbar, Ka BNN (diwakili) dan seluruh tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan upacara pengukuhan perubahan tipologi Polres menjadi Polresta Mamuju ditandai dengan pemasangan Bet dan Penyerahan surat keputusan Kapolri oleh Kapolda kepada Kapolresta serta penandatanganan prasasti Polresta Mamuju.

Brigjen Pol Drs Baharuddin Djafar dalam amanatnya menyebutkan konsekuensi dari adanya perubahan tipologi dari polres menjadi polresta ini adalah tentu pelayanan publik harus meningkat, itu mutlak, tidak bisa ditawar-tawar lagi dan kepercayaan masyarakat juga harus meningkat.

Lebih lanjut Baharuddin menjelaskan, perubahan tipologi Polresta Mamuju ini sudah diputuskan sejak 18 September 2019 berdasarkan surat Menteri pendayagunaan Aperatur Negara dan Repormasi Birokrasi Indonesia yang saat itu dijabat oleh Putra terbaik Daerah Sulbar H. Syafruddin serta Keputusan Kapolri pada tanggal 2 Oktober 2019 lalu.

Tujuan utama peningkatan tipe Polres ini untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Perubahan tipologi ini didasarkan beberapa faktor, antara lain perkembangan jumlah penduduk, crime indeks yang terus meningkat dan adanya dukungan dari stakeholders setempat.

Polres Mamuju juga harus merumuskan langkah-langkah dalam meningkatkan akses pelayanan kepada masyarakat sehingga peningkatan type menjadi Polresta pantas disandang.

Bersamaan dengan itu, terlepas dari kegiatan peningkatan type Polres menjadi Polresta, Kapolda Sulbar juga meminta seluruh pihak untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan Festival Kraton Nusantara yang akan dipusatkan di Mamuju pada tanggal 16-19 Desember 2019.

“Sudah saatnya kita berkorban untuk Mamuju dengan menyukseskan kegiatan Festival Maraddika se-Nusantara,” tutur Kapolda.

Diakhir kegiatan juga dilaksanakan pembukaan slubung papan nama Polresta Mamuju ditandai dengan penekanan tombol slubung oleh Kapolda Sulbar didampingi para tamu undangan lainnya.

Kabid Humas AKBP Hj. Mashura ditempat berbeda menyebutkan indikator dari adanya pengingkatan pelayanan publik, diantaranya adalah tidak ada lagi komplain dari masyarakat atas pelayanan yang dilakukan anggota.

Selain itu, masyarakat makin mempunyai keberanian untuk menyampaikan keluhan terkait kondisi kamtibmas dan sebagainya.|hms.asdar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *