Jumat, Oktober 4, 2024

Konsultasi Pengelolaan KUBE, Arif Dg Mattemmu Berkunjung ke Dinsos Sulsel

- Advertisement -

BANNIQ.Id. Makassar.Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Barat melakukan kunjungan kerja dalam rangka konsultasi terkait pengelolaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang diberikan kepada para pelaku Usaha.

Rombongan Komisi IV dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Barat , Dr. Marigun Rasyid dan Anggota Komisi IV Arif Daeng Mattemmu . Dalam kunjungannya, Komisi IV diterima oleh Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Prov. Sulawesi Selatan St. Kurniawaty Bayupah S.STP, M.Si bersama Staf.

Dalam kesempatan tersebut, Kurniawaty menjelaskan langkah-langkah yg diambil melalui Kebijakan Pemerintah Sulawesi Selatan melalui Dinas Sosial, terkait pelaksanaan Pemberian Bantuan sosial permodalan dalam rangka peningkatkan kafasitas Fakir miskin dalam mengembangkan kemampuan dasar berusaha tidak lagi pada Kelompok usaha Bersama atau KUBE sebagaimana adanya beberapa aturan yang telah diubah dalam Permesos Tahun 2019 tentang Bantuan Sosial Usaha ekonomi Produktif kepada kelompok Usaha untuk penanganan Fakir miskin, namun dilakukan melalui belanja barang atau belanja bantuan sosial, berbeda halnya dengan Sulawesi Barat yang masih memberikan bantuan KUBE dalam bentuk bansos berupa uang.

Bagi Daerah yang tetap melaksanakan Bantuan Sosial permodalan melalui KUBE perlu diatur melalui Pergub dan Juknis yang jelas.

  1. Bahwa Program pementasan kemiskinan dalam bentuk Bantuan sosial tidak hanya dinas sosial sebagai leading sektornya tapi juga didukung oleh 17 perangkat daerah antara lain Dinas Pertanian, Dinas kelautan dan perikanan dll, termasuk Dinas Capil.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya DPRD Provinsi Sulawesi Barat dalam memastikan bahwa bantuan KUBE yang diberikan oleh pemerintah Provinsi Sulawwsi Barat digunakan secara tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukannya.

Baca Juga >>   Relawan Aliansi Bangun Malaqbiq ABM-Arwan Nyatakan Dukungan ke Adami untuk Pilbup Mamuju
BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: