ABM Serahkan Bantuan 15 Unit Motor Pa’gandeng dan 4 Unit Mobil Pemasaran Ikan

Hits: 67

Gubernur Sulbar,Alibaal Masdar didampingi Kaiskan Fadli Syamsuddin menyerahkan bnatuan Sepeda motor pagandeng dan mobil pemasaran ikan secara simbolis kepada salah satu kelompok Pemasaran Ikan(photo:repro)

BANNIQ.Id.Sulbar— Pemprov Sulbar memberikan bantuan hibah 15 unit sepeda motor pa’gandeng dan empat unit mobil pemasar ikan kepada Kelompok Pengelola dan Pemasar Ikan yang ada di wilayah Sulbar, Rabu 16 Desember 2020.

Bantuan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan Kelompok Pengelola dan Pemasar Ikan oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulbar, Fadli Syamsudin, di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulbar.

Gubernur Sulbar,Alibaal Masdar saat mencoba Sepeda Motor bnatuan untuk Pa’gandeng di halaman kantor Gubernur Sulbar(photo:repro)

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan, bantuan yang diserahkan merupakan bentuk kepedulian Pemprov Sulbar untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pengelola dan pemasar ikan.


Selain itu, juga sebagai upaya pemerataan distribusi ikan ke daerah terpencil, yang diharapkan memberi pengaruh positif pada peningkatan derajat kesehatan dan perbaikan gizi masyarakat.


“Dengan begitu, masyarakat sudah lebih mudah memperoleh dan mengonsumsi ikan, sehingga akan berdampak positif pada upaya menekan angka stunting,”ucap Ali Baal
Ali Baal berharap, para kelompok penerima bantuan dapat menggunakan bantuan tersebut dengan baik dan selalu memperhatikan perawatannya.


“Bantuan ini harus dimanfaatkan sesuai peruntukannya, dirawat baik -baik supaya bisa lebih lama digunakan. Ingat juga , dalam mengendara perhatikan kelengkapan, jangan berkendara kalau tidak ada SIM, jangan sampai kalian ditangkap karena melanggar, pemerintah lagi yang disalahkan ,”tandas Ali Baal.


Kepala DKP Sulbar, Fadli Syamsudin mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada Kelompok Pengelola dan Pemasar Ikan hampir di semua kabupaten yang ada di Sulbar. Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat pesisir berbasis ekonomi kerakyatan.


Fadli menuturkan, dengan adanya bantuan tersebut ikan yang didapatkan di Tempat Pendaratan Ikan tetap bisa dipertahankan kesegarannya.
“Biasanya pada musim puncak, ikan melimpah namun harganya biasanya akan drop atau turun, sehingga dengan bantuan ini bisa menyimpan ikan-ikan segar dan mobilitasnya akan tinggi, sehingga harga-harga ikan bisa kita pertahankan stabilitasnya,”kata Fadli.


Selain itu, pendistribusian ikan juga bisa dilakukan ke banyak daerah terutama yang agak terpencil, sehingga dapat memberi dampak pada peningkatan gizi masyarakat.
“Ikan inikan bergizi tinggi, sehingga masyarakat akan mendapatkan asupan gizi yang lebih baik dan diharapan angka stunting di Sulbar dapat menurun,”harap Fadli
Ia menambahkan, sebanyak 19 Kelompok Pengelola dan Pemasar Ikan yang menerima bantuan dan masing-masing mendapatkan satu unit kendaraan.


Salah seorang penerima batuan motor pa’gandeng dari Kelompok Sepakat, Naim mengatakan, merasa bersyukur atas adanya bantuan tersebut dan berterima kasih kepada kepada Gubernur Sulbar.
Adapun penerima bantuan motor pa’gandeng sebanyak 15 kelompok, yakni Kelompok Sinar Laut (Kec. Pamboang, Kab. Majene), Kelompok Siarioi (Dusun 1 Subik, Desa Sabang Subik, Kec. Balanipa, Kab. Polman), Kelompok Sepakat (Dusun Beringin, Desa Pulo Pangale, Kec. Pangale, Kab. Mateng), Kelompok Bina Sejahtera (Dusun Batu Papan, Desa Papalang, Kec. Papalang, Kab. Mumuju), Kelompok Mulya Sejahtera (Kel. Binanga, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju), Kelompok Bura Sendana (Dusun Lebani Selatan, Desa Lebani, Kec. Tapalang Barat, Kab. Mamuju), Kelompok Indo Lembang (Desa Panetean, Kec. Aralle, Kab. Mamasa).
Kemudian, Kelompok Harapan Jaya (Kel. Tasiu, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju), Kelompok Masannang (Desa Karampuang, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju), Kelompok Siparannu (Lingk. TP Balkam, Kel. Sinyonyoi Selatan, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju), Kelompok Sinar Abadi (Dusun Rante Kamiri, Desa Rante Tangnga, Kec. Tawalian, Kab. Mamasa). Kelompok Tabanga-banga (Dusun Tabang-banga, Kel. Karema, Kab. Mamuju), Kelompok Timur (Desa Kasambang, Kec. Tapalang, Kab. Mamuju), Kelompok Naila Lestari (Dusun Mallo, Desa Pati’di, Kec. Simboro, Kab. Mamuju) dan Kelompok Tosisenga (Desa Tadui, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju).
Untuk penerima bantuan mobil sebanyak empat kelompok, yaitu Kelompok Bura Sendana (Dusun Pambutungan, Desa Kalukku, Kec. Kalukku, Kab. Mamuju), Kelompok Kuda Laut (Kel. Binanga, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju), Kelompok Laut Biru (Dusun Kapas, Desa Bonda, Kec Papalang, Kab. Mamuju) dan Kelompok Sibali Parri (Komp. Pasar Ikan Wonomulyo, Kel. Sidodadi, Kec. Wonomulyo, Kab. Polman). |mhy/asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *