Jumat, Juli 12, 2024

Berkunjung ke Tambak Udang Vaname di Bambalamotu, Pj Gubernur Sulbar Ajak Warga Geluti Usaha Perikanan

- Advertisement -

BANNIQ.Id. Pasangkayu. Penjabat Gubernur (Pj) Sulawesi Barat Bahtiar Baharuddin kembali mendatangi Kabupaten Pasangkayu Sulbar, Selasa (9/7/2024).

Dalam kunjungan kali ini Bahtiar pertamakali melihat perusahaan tambak udang PT Randomayang Tambak Lestari di Desa Randomayang, Kecamatan Bambalomutu, Kabupaten Pasangkayu yang telah beroperasi sejak 2017 lalu.

Bahtiar mendarat di Bandara Udara Mutiara SIS Al Jufri usai terbang dari Jakarta bersama inspektorat Pemprov Sulbar M Natsir setelah menghadiri pemaparan BPK yang dihadiri seluruh kepala daerah dan Ketua DPRD provinsi. Bahtiar bersama rombongan kemudian menggunakan kendaraan darat menuju Pasangkayu dan tiba sekitar pukul 10.00 wita.

Saat tiba di lokasi rombongan seperti Wakapolda Sulbar Brigjen Pol Rachmat Pamudji, Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Deni Rejeki,Kabinda Sulbar, Sekda Pasangkayu Moh Zain Machmoed serta sejumlah OPD Pemprov Sulbar.

Sementara dari pihak perusahaan tambak udang tersebut yakni Henri menemani Pj Bahtiar berkeliling di lahan tambak seluas 60 hektar tersebut. Sepanjang perjalanan Bahtiar tertarik sebab upaya penghijauan dari pihak perusahaan terus digalakkan seperti telah menanam durian musangking dan pohon sukun.

Sementara itu dalam pemaparannya Heri menceritakan perusahaanya yang mempekerjakan 110 tenaga kerja di mana 100 diantaranya adalah tenaga kerja yang berasal dari Pasangkayu sementara 10 lainnya bertindak selalu konsultan.

Hery juga mengaku senang dengan hadirnya Pj Bahtiar di lokasi tambaknya.
“Kami merasa bersyukur karena banyak gagasan gagasan baru yang perlu dikembangkan di tempat kami” ujar Hery.

Pada kesempatan tersebut Bahtiar memang memberikan beberapa masukan kepada Hery selaku perwakilan perusahaan. Seperti melakulan kolaborasi dengan perusahaan benur di Sulawesi Selatan, penambahan lahan tambak serta memberikan masukan pemanfaatkan hasil limbah air yang telah disterilkan untuk memelihara ikan nila.

Baca Juga >>   Kadis Perkim Dampingi Kunjungan Pj Gubernur Sulbar di Tambak Udang Vaname di Randomayang

“Terima kasih pak Gubernur telah mampir. Atas beberapa gagasannya. Sangat bermanfaat bagi kami” tambah Hery.

Sementara itu Pj Bahtiar mendukung sepenuhnya agar PT. Randomayang Tambak Lestari terus melakukan penambahan apalagi masih banyak lahan yang belum dibuka. Termasuk mengembangkan bisnis sebab diyakininya akan bermanfaat bagi warga di Pasangkayu.

“Saya mendukung untuk pengembangan lebih luas lagi. Silahkan Pak Hery” ujar Bahtiar.

Bahtiar mendorong supaya bisnis seperti ini dapat pula dimanfaatkan oleh masyarakat meskipun tak mengandalkan modal yang besar. Sehingga ke depannya masyarakat pun dapat berusaha bisnis sepert ini. Dia menghimbau agar OPD terkait di Pemprov Sulbar berkunjung ke perusahaan Benur di Kabupaten Barru bahkan jika perlu memboyong kelompok kelompok nelayan agar belajar langsung ke sana. |***

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: