Camat Dukung Budidaya Sayur dan Buah yang Dilakukan TP PKK Kecamatan Kalumpang

Hits: 6

Areal tanaman sayur dan Buah yang dikembangkan TP PKK Kecamatan Kalumpang(photo:repro)

BANNIQ.Id.Mamuju. -Tindak Lanjut Program Swalayan Pembibitan tahun 2020, merupakan kegiatan yang di lakukan oleh stakeholder PKK  kecamatan Kalumpang dan Stakeholder pemerintah Desa se-Kecamatan Kalumpang, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat di setiap Desa di Kecamatan Kalumpang. Senin, (19/10/2020).

Camat Kalumpang,Abram,S.IP mengatakan Ada Dua Alasan dilaksanakan program tersebut.

” Ada dua alasan dilaksanakannya Program tersebut pertama, Penurunan Angkat Stunting dan Kedua, Penertiban hewan ternak yang dapat berdampak konflik horizontal pada masyarakat di wilayah kecamatan Kalumpang dan dapat mengganggu trantib” Ujar Abram dikutip dari potretrakyat.com.

Abram menambahkan, Program Swalayan pembibitan ini bertujuan untuk mendorong penurunan angka stunting dengan pemanfaatan pekarangan rumah masyarakat, untuk menanam Sayur dan Buah-buahan agar masyarakat dapat mengkonsumsi makanan bergizi dalam upaya peningkatan taraf hidup sehat. Selain itu, hal ini juga dapat menambah nilai ekonomi bagi masyarakat utamanya ibu-ibu yang dapat memberikan nilai tambah dalam bercocok tanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

 “Tak kalah pentingnya, kegiatan ini dapat membantu mengatasi krisis swasembada pangan di tengah masyarakat saat ini yang di landa wabah virus Covid-19. Karenanya untuk mendorong program ini maka kegiatan PKK yaitu menggalakkan Dasawisma dan pemberian asupan makanan bergizi bagi anak balita di setiap desa di topang oleh pemerintah Desa melalu APBDes,” timpal Abram.

Program ini menjadi wajib dilakukan setiap tahunnya oleh pemerintah desa se-Kecamatan Kalumpang. Selain itu Tertib hewan ternak juga tetap di galakkan dan didorong melalui Perdes.

“Dengan adanya Perdes tertib hewan ternak yang menitik beratkan pada tertib hewan ternak liar disekitar pemukiman rumah yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan karena kotoran hewan ternak, perdes ini juga mendorong bagaimana masyarakat dapat mengelola hewan ternaknya dengan baik agar dapat memberikan nilai ekonomi yang tinggi dengan cara mendorong peningkatan produksi hewan ternak dan cara berternak dengan baik,” jelas Camat Kalumpang.

Tentunya hewan ternak ini juga, merupakan aset yang dapat dikembangkan di Kecamatan Kalumpang, karena lingkungan dan wilayahnya sangat mendukung. Harapan kedepannya, hal ini akan tetap kami lanjutkan untuk mendapatkan dukungan Pemerintah Kabupaten dalam rangka penurunan angka Stunting dan peningkatan ekonomi masyarakat dalam Bidang peternakan di Wilayah Kecamatan Kalumpang,” tutup Abram, S.IP.|Asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *