Cintai Keberagaman, Wabup Mamuju Berbaur Bersama Umat Hindu di Tommo

Hits: 78

BANNIQ.Id. Mamuju.Sebagai Wujud kecintaan terhadap keberagaman yang menjadi tipikal sosial masyarakat Mamuju, Wakil Bupati Mamuju Irwan Satya Putra Pababari hadiri ditengah – tengah umat Hindu yang melangsungkan acara ngaben Pitra Yadnya atau ngaben secara kolektif, Jum’at (14/8/2020), di Desa Tommo Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju.

Mengawali kegiatan tersebut, Ketua PHDI Kabupaten Mamuju (Parisada Hindu Dharma Indonesia) Drs. Iwayan Buja mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Mamuju Irwan Satya Putra Pababari.

“Kehadiran Wakil Bupati Mamuju Irwan Satya Putra Pababari karena beliau menaruh perhatian khusus dan kasih sayang kepada kita semua,” Ujar I Wayan Buja.

Di tempat yang sama pemuka agama Hindu setempat, Empuh Nabe Jaya Acaria Nanda menjelaskan inti daripada kegiatan Ngaben Pitra Yadnya atau Ngaben Secara Kolektif tersebut adalah mengantarkan roh kepada sang pencipta.

“Upacara Pitra Yadnya Yadnya atau Ngaben Secara Kolektif ini adalah mengantarkan roh kepada sang pencipta atau mengembalikan kepada asalnya. Acara ini adalah salah satu acara ritual dalam agama hindu yang sifatnya wajib”

sementara itu, Wabup Mamuju Irwan Satya Putra Pababari melalui sambutannya, menghaturkan terima kasih atas undangan umat Hindu Tommo pada Kegiatan tersebut.

“Tentu ini adalah sebuah penghormatan bagi saya karena setiap acara saya pasti selalu diundang,” Ujarnya.

Irwan menambahkan, dirinya merasa senang tentang apa yang disampaikan oleh pandita dan guru guru yang lain , karena apa yang disampaikan oleh pandita ada kesemamaan secara universal, contoh, disampaikan tadi bahwa manusia itu berasal dari 4 unsur sebagaimana yang iya yakini.|asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *