Disperindag Mamuju Akui Belum Update Tentang Naiknya Harga Komoditas Lombok Besar

Hits: 4

BANNIQ.Id.Mamuju. Komoditi cabai besar mengalami kenaikan harga di pasar baru di Kota Mamuju,Sulawesi Barat.

Di Pasar Baru misalnya, salah satu pedagang cabai merah, Nuraeni menuturkan harga Cabai besar mengalami kenaikan.

“Cabai besar naik dengan harga Rp.45.000,”singkatnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, Assyabri Rusli,mengatakan sampai saat ini dirinya belum menegetahui adanya kenaikan harga namun ia berjanji bebrapa hari kedepan akan ada update harga.

“Belum tau juga ,nanti senin akan ada update lagi dari petugas yg memantau harga di lapangan,”kata Assyabri Rusli,Minggu(1/11/2020).

Namun walaupun itu terjadi,lanjut Assyabri Rusli,kemungkinan hal tersebut bisa saja terjadi perubahan harga akan tetapi pembandingnya akan dilakukan terlebih dahulu sehingga bisa mengetahui harganya.

“Iya mungkin akan ada kenaikan, tapi nanti pembandingnya juga dari beberapa pasar di kab. Mamuju , bukan cuma pasar regional atau pasar sentral,”katanya.

“ jadi pantauan harga merujuk dari pantauan harga dari beberapa pasar tradisional baik dalam kota mamuju maupun pasar-pasar tradisional di kecamatan lain ,”lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kenaikan bisa disebabkan beberapa faktor, seperti panen dari para petani, stok ketersediaan bahan pokok hingga import dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan pasokan bahan pokok di kab. Mamuju

“jadi sifatnya fluktuatif dan mengikuti permintaan pasar atau masyarakat,”ungkapnya.

Diketahui bahwa bebrapa hari yang lalu harga cabai besar berada pada angka 35-40 ribu perkilo,dan harga tersebut sudah termasuk cukup tinggi,tetapi mungkin di beberapa pasar utamanya di daerah mengalami variasi harga.

“Normalnya 30-35 ribu perkilo,”tutupnya.| Asdar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *