Distan Mateng Siap Implementasikan Program Renflanting Sawit

Hits: 21

Kepala Dinas Pertanian Mateng, Muh.Anwar(photo:Erick)

BANNIQ.Id.Mateng. Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) menyatakan telah menyiapkan anggaran untuk peremajaan kelapa sawit (replanting), program tersebut sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi masyarakat petani sawit Mateng

Kadistan Pertanian Mateng Anwar, Jum’at (7/8/2020) menyampaikan bahwa, anggaran renflanting kepala sawit sudah siap, untuk setiap Hektar akan mendapatkan alokasi anggaran renflanting sebesar Rp.30 juta. Untuk tahap pertama Distan akanmenyalurkan ke 3.000 Hektar Are (Ha) sesuai usulan kelompok tani maupun koperasi dari target 8.000 (Ha).

“Yang berhak menerima program ini yang sawitnya sudah tua dan yang masih muda tapi dianggap tidak produktif, dan sekarang dengan adanya anggaran maka itu yang kita prioritaskan,” ungkapnya.

Anwar merinci bahwa besaran anggaran per (Ha) Rp. 30.000.000,- terbagi beberapa item pekerjaan :

  1. Biaya Pembibitan,
  2. Biaya Penumbangan,
  3. Biaya Pemancangan,
  4. Biaya Penggalian,
  5. Biaya Tranportasi.

“Masyarakat yang ingin ikut dalam program peremajaan kelapa sawit ini harus bergabung ke kelompok tani dan menyiapkan sertifikat tanah, sporadik, KTP dan KK,” Ucapnya.

Di akhir penyampaiannya, Anwar menegaskan bahwa Distan Mateng hanya memprogramkan Renflanting tidak memprogramkan pembukaan lahan baru untuk tanaman kelapa sawit .|asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *