Habsi Akui 15 Ribu Masyarakat Campalagian Berkontribusi Besar Sukseskan Pembangunan di Mamuju

Hits: 343

BANNIQ.Id.Mamuju. Kecamatan Campalagian adalah kecamatan yang memiliki populasi penduduk terbanyak ke dua di Kabupaten Polman setelah Wonomulyo.

Tetapi tidak hanya terbesar kedua di Kabupaten yang berjuluk Bumi Tipalayo, tetapi diaspora keluarga Campalagian di Mamuju juga cukup Besar yakni sekira 15 Ribu jiwa.

Untuk mewadahi lima belas ribu jiwa masyarakat Campalagian di Mamuju tersebut dibutuhkan satu organisasi untuk mewadahi mereka.Demikian disampaikan Sulaeman Rahman, selaku Ketua Panitia Silaturrahmi Kerukunan Masyarakat Campalagian (KKC), Rumah kediaman Tokoh Masyarakat Campalagian di Mamuju,H.Husain Moga, Kamis(5/3/2020),dihadiri Bupati,H.Habsi Wahid,Wakil Bupati Irwan Satyaputra Pababari dan ratusan warga Campalagian yang bermukim di Mamuju.

Keberadaaan KKC sebagai wadah berhimpun kelurga besar Campalagian di Mamuju kata Sulaeman, sebagai media untuk silaturrahmi dan media komunikasi antar sesama warga, juga untuk saling membantu satu sama lain bila menghadapi masalah-masalah sosial.

Ia juga menegaskan, terbentuknya KKC bukan meninggalkan Kerukunan Keluarga Polman yah ada di Mamuju, namun organisasinya lebih spesifik untuk masyarakat campalagian.

” Menyikapi fakta sosial yang ada,bahwa warga masyarakat Campalagian di Mamuju ini sekitar 12 sampai 15 ribu jiwa, yang bermukim mulai dari Tappalang hingga ke Tommo, belum termasuk di Mateng, jumlah besar ini perlu kita wadahi dalam satu organisasi, inilah dasar terbentuknya KKC, bukan kita keluar dari Kerukunan Keluarga Polman, hanya lebih spesifik Campalagian karena ternyata masih bnayak persoalan yang kerap dihadapi keluarga camplagian, misalnya sakit kita biasa tidak mengetahuinya,” Bebernya.

Silaturrahmi yang diadakan hari ini lanjut Sulaeman, merupakan agenda yang sudah lama direncanakan hanya baru dapat terealisasi.

” Silaturrahim ini kita sudah lama agendakan, tetapi baru kali ini baru bisa kita laksanakan, ini berkat dukungan semua tokoh masyarakat Campalagian yang ada di Mamuju,” Imbuhnya.

Pimred Media Online Liputan 33.com ini menambahkan, eksistensi Organisasi KKC merupakan organisasi Paguyuban biasa yang tidak memiliki tendensi yang lain, selain sebagai wadah silaturrahim masyarakat Campalagian yang ada di Mamuju.

Sementara itu, Ketua KKC Ir Sudir Sauru melalui sambutannya, berterimah kasih kepada seluruh masyarakat Campalagian yang ada di Mamuju atas kepercayaan ynag diberikan kepadanya,sebagai ketua KKC.

” Ijinkanlah saya menyampaikan terima kasih kepada saudara-saudaraku semua, atas amanah yang diberikan kepada saya sebagai Ketua Kerukunan ini, mari kita jadikan Kerukunan ini sebagai wadah untuk saling menghargai antara sesama warga dari etnis lain yang ada di Mamuju ini dengan bersandar pada Palsafah, Dimana Bumi dipijak di situ langit dijunjung,” Ucapnya.

Sudir menambahkan, dengan KKC dirinya berharap agar semua warga atau keluarga Campalagian yang ada di Mamuju untuk mendukung Pembangunan guna mewujudkan Mamuju yang lebih baik, dan diharapkan menjadi panutan dari Kerukunanain yang ada di Mamuju.

Di tempat yang sama, Bupati Mamuju,Habsi Wahid yang didaulat memberi Sambutan, mengapresiasi belasan ribu masyarakat Campalagian yang diwadahi oleh KKC.Selaku Pemerintah ia berharap KKC dapat menjadi mitra Pemerintah dalam menyokong Pembangunan.

” Kami selalu pemerintah berharap agar KKC ini menjadi lembaga yang menyokong pemerintah dalam melaksanakan pembangunan, juga sebagai wadah untuk mengembangkan potensi pelesatarian kearifan budaya masyarakat Campalagian di Mamuju heterogenitas yang dimiliki oleh Mamuju, ada budaya Makassar,bugis, Toraja dan lain-lain, tentu diharapkan saling menghormati satu sama lain bukan untuk sing bertentangan,” Ujar Bupati yang dikenal Humanis ini.

Kemudian memperhatikan dinamika di Kabupaten Mamuju, selama 4 tahun kepemimpinannya bersama Irwan Satyaputra Pababari, Habsi mengakui kontribusi besar ynag telah diberikan oleh masyarakat Campalagian dalam mendukung pembangunan di Mamuju.

” Kami harus mengapresiasi kepada Lima belas ribu jiwa warga Campalagian di Mamuju, kontribusi saudara-saudara sangat besar dalam mendukung pembangunan di Mamuju, kami tau program seperti Mapaccing yang kami jalankan orang Campalagian adalah bahagian dari kesuksesan program ini, Karena sebahagian besar orang Campalagian sebagian besar berprofesi sebagai nelayan, karena itu, kita dapat menikmati ikan segardi Mamuju ini karena peran orang Campalagian,” Ungkapnya.

Dalam masa kepemimpinan 4 tahun tersebut, sambung Habsi bahwa telah ada yang telah dihasilkan,namun juga disadari masih bnayak juga yang belum tuntas,olehnya ia meminta kepada masyarakat camlagian untuk mendo’akan agar bisa kembali melanjutkan pembangunan.

” Kami tentu menyadari bahwa, Selama 4 tahun kepemimpinan kami selama 4 tahun bersama wakil bupati, telah ada perubahan.yang kami buat,namun kami juga sadar bahwa masih banyak yang belum dapat kami selesaikan,olehnyakami meminta Do’a kepada saudara sekalian agar kami dapat melanjutkan pembangunan yang belum selesai,”Pungkasnya.|asdar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *