PMMD Berharap Ajang SR Jadi Momentum Pelestarian “Lopi Sandeq”

Hits: 37

BANNIQ.Id.Sulbar. Sandeq Race sebagai event yang mengangkat budaya bahari masyarakat Mandar Sulbar, mendapatkan apresiasi dan perhatian dari berbagai komponen masyarakat.

Seperti halnya Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) sebagai Forum Pemuda Desa Dari Kementrian Pemuda Dan Olahraga RI Sala satu fungsinya adalah mengadakan atau mengadakan Kegiatan yg sifatanya mengankat kearifan local (local wisdom)


Ketua PMMD Sulbar, Abd.Wahab, Rabu(7/8/2019) menilai, Sandeq Race (SR) sebagai pagelaran even masyarakat Sulawesi barat khususnya warga yg bermukim sepanjang bibir garis pantai Sulawesi barat.

” Oleh karena itu kami PMMD mengambil peran sebagai kontribusi riil dalam memberikan motivasi kepada pemuda khususnya anak-anak nelayan memberikan penghargaan yang tinggi atas kecintaan kepada laut. Dalam tema ini “Lautku Hidupku” memberikan pesan yang penuh energy akan sebuah kehidupan,” Urainya.

Melalui perhelatan SR, sebut Wahab, diharapakan jadi momentum pelesatarian budaya lopi sandeq mandar yanh mampu mengembalikan filosopi kehidupan dalam proses kehidupan setiap warga khususnya pemuda untuk mengenang para nenek moyang terdahulu kita akan lahirnya para pelaut ulung di Tanah Mandar.

PMMD yang juga turut mengambil peran dengan mengikut sertakan satu Perahu yang juga sebagai peserta SR 2019, yakni Mandala Bintang Timur,Wahab berharap perahu yang disponsori oleh PMMD tersebut dapat tiba dengan selamat dari Polewali hingga ke Mamuju.
” Harapannya dengan sandeq race 2019 ini PMMD dengan lopi “Mandala Bintang Timur” bersama dengan peserta yang lain bisa Selamat dan menjadi pemenang pada perlombaan festival tersebut, yang start di Pantai Bahari Polewali Mandar tanggal 7 Agustus dan finish tgl 16 Agustus 2019 di Pantai Manakarra Mamuju.,” Pungkasnya.|smdq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *