Sandeq Race 2019 Berakhir dengan Happy Ending

Hits: 51

BANNIQ.Id.Sulbar. Festival Sandeq Race(SR) 2019 yang berlangsung dari tanggal 7 Agustus star dari pantai Bahari Polewali dan Berakhir Hari ini, di Mamuju Jum’at 16 Agustus 2019.

Rangkaian sandeq Race (SR) hari ini berakhir dengan menyelesaikan efape terakhir Deking-Mamuju, yang dijuarai oleh Perahu Sandeq Cahaya Mandar, dan hari terakhir ini juga ditutup dengan lomba Segitiga, yang dijuarai perahu Teluk Mandar sebagai juara satu.

Untuk Juara Umum pertama diraih Cahaya Mandar, Juara kedua Mandala Bintang Timur dan Ketiga Perahu Sandeq AIM Benar, yang masing-masing mendapatkan hadiah trophy dan uang pembinaan.Untuk juara satu hadiah sebesar,Rp.30.000.000.Juara kedua,Rp.25.000.000. dan Ketiga,Rp.20.000.000,’.

Pada kegiatan penutupan SR 2019, yang digelar di Jalan Arteri Mamuju, dihadiri Wagub Sulbar, Hj Enny Anggraeny Anwar, Kapolda Sulbar, Brigjend Pol Drs H.Baharudfin Djafar,M.Si. Kepala BIN, Danrem 142 Tatag, Sekprov Sulbar,Dr.Muh Idris DP, Sekda Mamuju dan kepala OPD Lingkup Pemprov Sulbar.

Melalui sambutannya, wagub Sulbar Hj.Enny Anggraeny Anwar, menyatakan kesyukurannya atas tibanya para tim passandeq yang telah berangkat dari Pantai Bahari Polewali pekan lalu.

” Kami bersyukur setibanya kembali para passandeq di pantai Manakarra ini, setelah sepekan lebih berangkat dari pantai di Polewali, dengan kondisi yang masih segar dan sehat walafiat serta masih tetap bersemangat,” Ujarnya.

Enny menambahkan, sebagai warisan budaya bahari Sulbar, Sandeq merupakan penyatuan budaya pantai dan gunung yang sejak lama terawat oleh leluhur orang mandar yang ditandai dengan ikrar Allamungan batu di luyo.

Dengan ikrar tersebut, komunitas Pitu Ulunna salu dan Pintu Baqbana Binanga senantiasa menyatu dalam ikatan kekerabatan dan kerjasama dalam menghasilkan kebudayaan tidak terkecuali Sandeq.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata,Drs.H.Farid Wajidi juga menyatakan kesyukuran dan kegembirannya, atas tibanya para passandeq dan telah melalui empat etape yang berakhir di Mamuju.

” Kita bersyukur atas berakhirnya lomba SR hari ini, setelah melalui empat Etape dan para passandeq semua tiba dengan selamat, ditandai dengan tidak pernahnya terbuka ambulance untuk para passandeq,” bebernya.

Farid juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengsupport atas suksesnya pelaksanaan SR tahun 2019.

” Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengsuffort suksesnya pelaksanaan SR tahun ini, kepada Kapolda yang telah memberikan pengamanan selama event SR, Dan Lanal Mamuju yang telah menjamin keamanan para passandeq selama di laut,Danrem, dan Pemkab Se Sulbar,” Imbuhnya

Kepada komunitas jurnalistik dari Australia dan Singapura yang turut menyaksikan dan meliput kegiatan SR 2019, Farid juga menyampaikan kebahagiaan dan kesenangannya atas kedatangan par jurnalis tersebut.” I Am Happy you To visit My country,And Hopefully are on here you happy, ” Pungkasnya.|smd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *