Tenunan Khas Sulbar Siap Ikuti Pameran Kriya Nusa di Jakarta

Perajin dan pelaku IKM Sulbar yang akan mengikuti Pameran Kriya Nusantara, sesaat sebelum bertolak ke Jakarta(photo:bnq.)

BANNIQ.Id.Makassar.Meramaikan pameran Kriya Nusantara, pameran hasil kerajinan para pelaku IKM seluruh Indonesia yang akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 16 September 2019 di Balai Kartini Jakarta, Perajin Sulbar turut ambil bagian dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Dekranas ini, dengan membawa ratusan Peces hasil kerajinan tenun dari tiga kabupaten yakni Polman(sarung sutera Mandar),Mamuju(Tenunan Sekomandi) dan Mamasa dengan produk tenunan khas sambu.

Sarung Sutera Mandar bebagai corak(photo:repro)

Pameran kriya Nusantara merupakan kegiatan pameran yang pelaksanaannya difasilitasi oleh Dewan Kerajinan Nasional(Dekranas) yang menghadirkan perajin seluruh Indonesia.

CMO (Chief Marketing Officer) Mandar Sutera ,Moh. Tarib, mengatakan dengan pameran kriya Nusantara bagi komunitas yang bergelut dalam pembuatan sarung sutra mandar, sangat diuntungkan karena pameran sebagai salah satu bentuk untuk mempromosikan dan menjual produk sarung sutra mandar yang merupakan brain untuk pembuatan busana berbahan dasar kerajinan sutra mandar.

Proses Pembuatan Sarung Tenun Sambu Mamasa(photo:repro)

” Selama ini pemasaran yang dilakukan oleh Mandar Sutera telah dilakukan secara online, bentuk pemasaran lainnya yah lewat pameran, dan lewat pameran Kriya Nusantara ini kami sangat diuntungkan karena lewat even ini puluhan produk berbagai corak dan motif sarung sutera mandar,” Ujarnya.

Tenunan Khas Sulbar lainnya yang juga sudah bnyak diminati oleh konsumen dalm dan luar negeri yakni tenun ikat sekomandi. Pemilik Galeri Tenun sekomandi Mamuju, Bungalia juga membawa puluhan hasil tenunan ikat sekomandi baik yang berbentuk salt(Selendang) maupun Kain Sarung.

” Kami bawa hasil tenun sekomandi dengan kualitas dan model terbaik, terdiri atas kain sarung maupun Sal untuk meramaikan pameran Kriya Nusantara,” Ucapnya.

Proses Pembuatan Kain tenun,Sekomandi(photo:repro)

Sementara itu perajin tenun ikat Sambu khas Kabupaten Mamasa, Arruanglangi mengatakan, melalui pameran Kriya Nusanatara di Jakarta, tenunan Sambu dengan tiga jenis juga akan ikut ambil bagian untuk mempromosikan tenunan khas beraneka corak tersebut.

” Lewat pameran kali ini, kami membawa tenunan Sambu tiga jenis dan corak yakni sumbu Bembe, sambu paqlaq dan sambu sakka,” Pungkasnya.|smd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *