BI Fasilitasi Promo Destinasi Wisata Sulbar ke Singapura

Hits: 4

Gubernur Sulbar,Alibaal Masdar,didampingi Sekprov Idris DP saat Talk promosi Wisata bersama BI

BANNIQ.Id.Sulbar. Kepedulian terhadap pengembangan pariwisata di Sulbar,tak hanya dilakukan oleh Dinas terkait, namun lembaga Keuangan seperti Bank Indonesia (BI) juga turut peduli terhadap Pengembangan Pariwisata terutama untuk Promosi Destinasi Wisata ke Negara lain.Wujud kepedulian BI untuk Mempromosikan Pariwisata Sulbar, dilakukan melalui kegiatan fasilitasi promosi wisata Dispar Sulbar yang berkolaborasi dengan Wonderful Indonesia Tourism Office (WITO) Singapura melalui Digital Talk Promosi Pariwisata Sulawesi Barat dengan tema “journey to the serenity of West Sulawesi”, Jum’at (8/5/2020).

KPw BI Sulbar,Budi Sudaryono(photo:repro)

Promosi yang dilakukan secara virtual tersebut diikuti oleh belasan media, agen perjalanan, komunitas bugis dan dive operator asal Singapura. Walaupun dilakukan tanpa tatap muka, diskusi ringan sore hari itu menjadi ajang yang baik untuk memperkenalkan destinasi wisata potensial, event pariwisata, aksesibilitas, serta pengalaman etnik dan budaya yang dapat dinikmati oleh wisatawan di Sulawesi Barat.

Mengawali diskusi virtual, Deputy Chief of Mission (DCM) Kedutaan Besar RI di Singapura, Didik Eko Pujianto menyampaikan bahwa salah satu upaya mendatangkan turis ke Sulawesi Barat adalah melalui penyusunan paket wisata. “Sulawesi Barat perlu membuat program wisata spesifik untuk wisatawan asal Singapura agar mereka tertarik berkunjung seperti diving atau eco-tourism”, jelas Didik.

Selain DCM, kegiatan promosi juga dibuka oleh Gubernur Sulawesi Barat yang didampingi Sekretaris Daerah. Sebagai keynote speaker, Gubernur mengajak para partisipan untuk datang dan merasakan secara langsung keindahan alam Sulawesi Barat. Gubernur juga memberikan apresiasi atas inisiatif Bank Indonesia dan Dinas Pariwisata dalam mempromosikan Sulbar hingga level internasional. Terlebih ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang memberikan pengaruh signifikan pada sektor pariwisata.

Kadispar Sulbar,Farid Wajdi(photo:repro)

Masuk pada inti diskusi promosi, Kepala Bank Indonesia Sulbar, Kepala Dinas Pariwisata Sulbar dan Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Sulbar masing-masing menjadi narasumber memaparkan destinasi wisata, Calender of Event (CoE) dan paket wisata unggulan. Setelah pemaparan, para peserta asal Singapura terlihat sangat antusias dan tertarik dengan Sulbar. Hal ini tercermin dari banyaknya pertanyaan selama diskusi dari media Singapura.

Digital talk yang berlangsung sekitar 1,5 jam ini merupakan lanjutan kerjasama WITO dengan Sulawesi Barat pasca familiarization trip yang telah dilakukan pada tahun 2019 silam. Salah satu isu strategis yang menjadi daya tarik penggiat wisata Singapura adalah paket wisata bawah laut atau diving di Pulau Karampuang. Sebagai tindak lanjut dari digital talk ini, WITO yang merupakan perpanjangan tangan Kementerian Pariwisata di Singapura akan mengajak Pemerintah Provinsi Sulbar mengikuti Asia Dive Expo atau NATAS (National Association of Travel Agent Singapore) Travel Fair di Singapura untuk mempromosikan Sulbar secara langsung.|asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *