Minggu, Mei 19, 2024

Hadiri Launching E-Absensi di SMKN Tinambung, Mithar: Aplikasi Ini Jamin Keamanan Siswa di Sekolah

- Advertisement -

BANNIQ.Id. Tinambung. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan (Kadisdikbud) Provinsi Sulbar, Dr.H,Mithar,S.Pd.,M.Pd. menghadiri Launching aplikasi E-absensi atau Absen online di SMKN Tinambung, selain Kegiatan Launching, Kadisdikbud Juga Membuka Workshop Peningkatan SDM guru melalui lietrasi, Sabtu, (11/2/24).

Pada kesempatan ini Mithar, Mengatakan, Aplikasi E-Absensi yang dilaunching di SMKN Tinambung Sangat efektif untuk memantau kehadiran siswa, selain itu orang tua juga dapat memastikan anaknya telah berada di sekolah, karena tersambung ke Ponsel orang tua.

” Selaku Kadis saya apresiasi aplikasi E-Absensi yang dilaunching di SMKN Tinambung hari ini, Aplikasi ini sangat efektif untuk memantau kehadiran siswa, selain itu aplikasi ini juga turut memastikan pihak Ortu bahwaa anaknya telah berada di sekolah, ketika si anak sudah ceklock maka secara otomatis tersambung ke HP orang tua Siswa,” jelas H.Mithar.

Aplikasi ini juga lanjut H.Mithar, dapat mencegah percobaaan tindak kejahatan terhadap anak oleh oknum tidak bertanggung jawab, misalnya dengan modus menelpon ke ortu siswa bahwa anaknya kecelakaan padahal hanya untuk melakan penipuan.

” Aplikasi ini juga dapat berfungsi untuk melindngi siswa dari percobaan kejahatan yang marak saat ini misalnya dengan modus menelpon ortu siswa bahwa anaknya kecelakaan padahal itu tpercobaan penipuan, dengan aplikasi ini percobaaan itu dapat dideteksi dan dicegah,” beber H.Mithar.

Acara lain yang juga dibuka oleh Kadisdikbud bersamaan Launcing yakni Workshop peningkatan SDM melalui Literasi. Kegiatan ini Kata H.Mithar, untuk membangkitkan suasana nyaman bagi siswa dalam Proses Belajar mengajar(PBM).

Kadisdikbu Sulbar, Dr.H.Mithar, S.Pd.,M.Pd. didampingi Kasek SMKN Tinambung, Muh.Ridwan saat kegiatan Launhing, Aplikasi E-Absensi (foto: repro)

” Jadi Workshop lierasi ini bertujuan untuk menciptakan suasana nyaman bagi siswa dalam PBM, artinya proses pembelajaran itu tidak monoton misalnya di 15 Menit pertama siswa membaca bahan pelajaran, selanjutnya interaksi tanya-jawab dan metode lain,” tandasnya,

Baca Juga >>   Polisi Benarkan Adanya Laporan Pencurian Puluhan Karung Gabah di Dusun Panamba Kalukku

Workshop lierasi ini juga untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mentrasfer ilmu penegatahuan kepada siswa.

Di tempat yang sama, Kasek SMKN Tinambung Muh.Ridwan, S.Pd. mengapresiasi Kadisdikbud Sulbar atas kesempatan menghadiri Launching E-Absensi. E- Absensi ini sendiri kata Ridwan dirancang untuk mengkoneksikan informasi siswa dan Ortu di Rumah.

” Kami berterima kasih dan mengapresiasi atas kesediaan Kadisdikbud Sulbar untuk Melaunching E-Absensi di Sekolah Kami, E- Absensi atau absen elektronik untuk siswa melalui scanner komputer dan koneksi dengan HP orang tua siswa sehingga orang tua tenang di rumah saat anaknya tiba di sekolah,” Jelas Ridwan.

Sementara itu, Sekertaris Komite Sekolah SMKN Tinambung yang turut hadir dalam kegiatan Launching ini, Tammalele mengatakan, penerapan Aplikasi E-Absensi sebagai upaya pihak sekolah dalam menciptakan kedisiplinan kehadiran siswa di sekolah yang terpantau langsung orang tua di rumah. Selain itu, aplikasi ini pula membuktikan bahwa guru dan siswa di SMKN tinambung dapat beradaptasi dengan teknologi.

” Aplikasi ini sebagai bukti bahwa Guru dan Siswa serta Ortu Siswa SMKN Tiambung mudah beradapatasi dengan teknologi informasi,” pungkas Pengkaji dan Analis Budaya Mandar ini.I***

BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: