Kenapa Bandara Tidak Ditutup?,Begini Penjelasan Kadishub Sulbar

BANNIQ.Id.Sulbar. Kekhawatiran akan terus Merebaknya Virus Corona di Provinsi Sulawesi Barat, Masyarakat meminta kepada pemerintah Untuk menutup Pelabuhan dan Bandara,hrapan masyarakat Tersebut sebagai sudah dipenuhi oleh Pemerintah sesuai kewenangan yang dimiliki, yakni Pembatasan pergerakan Orang di Pelabuhan Fery Mamuju.

Namun untuk Penutupan Bandara,adalah hal yang sulit dilakukan oleh Pemerintah Daerah karena hal itu terkait kewenangan Pemerintah Pusat dan pertimbangan lainnya.

” Kami sangat memahami keresahan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid 19 di Sulbar, kami juga banyak mendapat pesan di Waasthapp untuk menutup Bandara Tampa Padang,Namun kami juga meminta maaf yang sebesar-besar karena hal itu tidak bisa dilakukan oleh Pemprov karena hal itu menjadi Kewenangan Pemerintah Pusat,” Ujar Kadishub Sulbar,Khaeruddin Anas, saat Konfrensi Pers Perkembangan Penanganan Covid 19 di Aula Kantor Gubernur Sulbar, Minggu(29/3/2020).

Selain dibatasi kewenangan, Khaeruddin juga menambahkan alasan lainnya kenapa Bandara tersebut tidak bisa ditutup karena mengantisipasi peristiwa yang luar biasa yang sewaktu-waktu bisa terjadi salah satu jalur untuk pergerakan cepat adalah lewat udara.

” Alasan lain sehingga Bandara tidak bisa ditutup karena mengantisipasi kejadian yang luar biasa yang membutuhkan pergerakan cepat, maka salah satunya adalah akses udara, saya contohkan waktu terjadi gempa di Palu, akses cepat pengiriman logistik kan lewat udara, jadi kami minta masyarakat memahami hal ini,” Timpalnya.

Berbeda dengan Pelabuhan laut, kata Khaeruddin, karena terkait Perairan Pemerintah Daerah punya kewenangan untuk pengelolaan laut pesisir.

” Lain halnya dengan Pelabuhan kita bisa memberlakukan aturan isolasi wilayah di Pelabuhan laut karena di situ ada kewennagan pemerintah daerah yakni pengelolaan laut pesisir,,kita punya dasar untuk melaksanakan kebijkan tersebut,” Bebernya.

Meskipun demikian lanjut Khaeruddin, Bagi penumpang yang akan pergi dan datang ke Mamuju melalui Bandara Tampa Padang, Pihak Bnadara memperlakukan protokol pemeriksaan kesehatan yang standar.

” Meskipun Bandara tidak ditutup,Namun proses pemeriksaan penumpang di Bandara Tampa Padang, Dilakukan seusuai standar protokol kesehatan,” Pungkasnya.|asdar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *