Dinilai Tergesa-gesa, Kepala Bappeda Jelaskan Esensi Pelaksanaan Musrembang

Hits: 6

Kepala Bappeda Sulbar,Junda Maulana(photo:bnq)

BANNIQ.Id.Sulbar. Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Provinsi Sulbar,Yang dibuka Oleh Gubernur Sulbar, Alibaal Masdar, dihadiri Sejumlah Anggota DPD RI seperti Akbar Abd.Kadir, dan Anggota DPR RI Arwan Aras dan Ratih Megasari Singkarru,dan seluruh Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Sulbar, Senin( 16/3/2020) yang dilanjutkan dengan Rapat Kordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekbang).

Perihal rangkaian Musrembang yang dilaksanakan oleh Bappeda Sulbar selalu Leading Sektor, Berdasarkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019, yang terdiri dari beberapa tangkaian kegiatan, diurai oleh Kepala Bappeda Sulbar,Junda Maulana.

Kata Junda, Sapaan Karib Junda Maulana, bahwa sesuai mekanisme, Musrembang tersebut, terdiri dari beberapa Rangkaian, yang merupakan satu kesatuan dan puncaknya nanti akan dilaksanakan di Awal April.

” Ini perlu dijelaskan agar masyarakat paham bahwa, pelaksanaan Musrembang ini terdiri dari beberapa rangkaian, diawali pembukaan, dilanjutkan dengan Rakortekbang, kemudian nanti akan ada forum Musyawarah lalu puncaknya adalah pertemuan akhir di Awal April nanti,'” Beber Junda.

Dia menambahkan jadi dalam masa interval waktu dari tanggal 16 hingga tanggal 6 April, disitulah proses perencanaan berlangsung, didalamnya ada forum Musyawarah. Saat ini Para OPD tengah melakukan pendalaman usulan program masing-masing melalui Desk, bersama Dinas terkait Masing-masing dari Kabupaten Sulbar.

” Proses ini untuk penajaman program oleh Masing-masing OPD bersama OPD terkait dari OPD Kabupaten Se Sulbar, mereka melakukan singkronisasi program sesuai hasil Rapat Forum OPD masing-masing,” Imbuhnya.

Setelah fase itu, Nanti sambung Junda, akan adalagi kegiatan Forum Musyawarah, pada forum ini, akan dibicarakan 3 Poin pokok.

” Sebagai rangkaian Musrembang, kita akan melakukan Forum Musyawarah, yang akan kita bahas dalam kegiatan ini meliputi pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan dan Indeks Pembangunan Manusia(IPM),” Imbuhnya.

Lalu jika ada pernyataan Ada sebahagian daerah Kabupaten yang belum Melaksanakan Musrembang, yang idealnya memang mestinya sudah melakukan Musrembang, sebut Junda akan ada pertemuan dengan Masing-masing Bupati di Sulbar dengan Gubernur.

” Nah jika ada pernyataan masih ada beberapa Kabupaten yang belum melaksanakan Musrembang, ini akan terjawab melalui pertemuan Gubernur dengan semua Bupati se Sulbar disini akan ada 3 usulan prioritas Masing-masing Kabupaten,” Tandasnya.

Di Fase akhir untuk lingkup OPD nantinya masih kata Junda akan ada pertemuan akhir untuk melukan supervisi dari semua rangkaian kegiatan yang dilakukan.

” Bila kebijakan tentang aktivitas ASN di Indonesia yang dilakukan pembatasan aktivitas karena antisipasi Pandemi Virus Corona diperpanjang,yah kita sudah siap karena secara teknis kita telah melakukan proses perencanaan, malah lebih bagus karena kita bisa konsen penuh ke kegiatan Musrembang ini,” Timpalnya.

Setelah rangkaian kegiatan telah selesai di Pemprov, maka forum selajuntnya adalah forum Rapat bersama dengan Anggota DPRD.

” Kita juga telah mengagendakan rapat dengan DPRD bila rangkaian kegiatan di Pemprov telah selesai, forum selanjutnya adalah pertemuan dengan DPRD, kita juga akan mengetahui pokok-pokok pikiran Dari Pimpinan dan Anggota DPRD berdasarkan hasil reses yang mereka lakukan,,” Ucapnya.

Rangkaian proses pembahasan perencanaan pembangunan yang seperti ini sambung Junda, sesungguhnya tahun lalu sudah dilakukan, namun tidak terlublish.

” Sebetulnya rangkaian proses perencanaan seperti ini sudah dilaksanakan tahun lalu, tetapi tidak terpublish, nah tahun ini kita laksanakan agar semua menjadi paham, dan ini juga untuk menepis rumors, bahwa Musrembang ini pelaksanaannya tergesa-gesa, pun jika lambat kita laksanakan kita juga dikritisi, yang jelas perlu saya tegaskan bahwa semua ini sudah mendapat izin dari pimpinan, yang berarti bahwa tidak ada masalah,” Pungkasnya.|asdar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.