Rabu, Juli 24, 2024

OPD Sampaikan Laporan Kinerja di Rakerpim yqng difasilitasi Bappeda, Prof Zudan Tegaskan Harus Ada Pemetaan Anggaran yang Bersentuhan Langsung ke Masyarakat

- Advertisement -

Pj Gubernur Sulbar,Prof.Dr.Zudan Arifakhrulloh bersama Sekprov Dr.Muh.Idris DP saat pembukaan Rakerpim di BPMP Majene(photo:repro)

BANNIQ.Id. Majene. Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) dalam rangka evaluasi hasil pelaksanaan RKPD; APBD Semester I Tahun 2023 di Gedung BPMP Majene, dilaksanakan oleh Bappeda Sulbar yang dibuka oleh Pj Gubernur Sulbar,Prof.Dr.Zudan Arifakhrulloh, Selasa ( 4/7),

Rangkaian kegiatan ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemprov Sulbar menyampaikan pemaparan tentang laporan kinerja selama semester I.

Merespon laporan kinerja ini terutama OPD yang dinilai masih rendah serapannya, Pj Gubernur Sulbar,Prof.Dr. Zudan menilai laporan Paparan OPD sifatnya masih administrasi belum aktual melaporkan kinerja yang dirasakan oleh masyarakat.

” Paparan OPD masih bersifat administrasi; belum menghasilkan laporan kinerja yang dirasakan oleh masyarakat,” jelas Prof.Zudan.

Selain itu lanjut Prof Zudan, OPD juga mesti memetakan anggaran yang berdampak dan yang tidak berdampak ke masyarakat.

“Kinerja OPD yang dilaporkan harus dapat memetakan anggaran yang berdampak kemasyarkat berapa, dan yang tidak berampak ke masyarkat berapa?”, Imbuhnya.

Termasuk belum terlihat dengan jelas sebut Prof Zudan, anggaran yang bersentuhan langsung dengan 4 masalah yang diprioritaskan.

” Termasuk Dampak program dan jumlah anggaran yang bersentuh ke masyarakat belum terlihat dari 4 masalah yang diprioritaskan,” Jelasnya

Hal tersebut mungkin disebabkan oleh anggarannya namun pengalokasian anggaran yang tidak terfokus ke masalah untuk mengatasi IPM.

“Bisa jadi yang terjadi bukan karena anggarannya namun alokasi anggarannya tidak kepada mengatasi masalah IPM dan 4 masalah pembangunan manusia dan inflasi daerah,” pungkasnya.|***

Baca Juga >>   Hadiri Rakor Penguatan APIP di Makassar,Idris: Kita Bangun Komitmen Bersama
BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: