Jumat, Oktober 4, 2024

Pihak BRI Beri Penjelasan Terhadap Dugaan Hilangnya Uang Nasabah di Tabungan

- Advertisement -

Karyawan BRI Cabang Mamuju saat menerima Wartawan yang minta penjelasan terkait dugaan hilangnya uang Nasabah(photo:Banniq.id)

BANNIQ.Id. Mamuju. Terhadap dugaan hilangnya uang Nasabah BRI atas AM Amin sekira Rp.202 juta, yang berawal dari adanya aplikasi undangan pernikahan online masuk ke Ponsel korban.

Atas kejadian ini,  BRI telah melakukan investigasi atas pengaduan Yang bersangkutan  dan BRI sangat menyesalkan kejadian tersebut dimana Yang bersangkutan  merupakan korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering.

“Yang bersangkutan  menginformasikan data transaksi perbankan (PIN & Password) yang bersifat pribadi dan rahasia pada pihak yang tidak bertanggung jawab baik melalui digital atau _phone scam_ sehingga transaksi dapat berjalan dengan sukses,” Jelas Pinca BRI Mamuju, Octarez Abi Ibrahim,Jum’at (20/5).

Abi sapaan karib Abi Ibrahim juga menyebut, BRI berempati atas hal tersebut, namun demikian bank hanya akan melakukan penggantian kerugian kepada nasabah apabila kelalaian diakibatkan oleh sistem perbankan.

Selanjutnya kata Abi, BRI senantiasa menghimbau nasabah agar lebih berhati-hati dan tidak mengunduh, menginstal, maupun mengakses aplikasi tidak resmi yang disampaikan melalui aplikasi pesan singkat serta dihimbau agar nasabah tetap menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI, “Termasuk memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan (nomor rekening, nomor kartu, PIN, user, password, OTP dsb.) melalui  saluran, tautan atau website dengan sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbuhnya.

Dia juga menghimbau  bahwa  hal yang sama ke masyarakat umum bahwa modus penipuan social engineering tersebut juga dapat terjadi di bank manapun.

“BRI selalu menjaga data kerahasiaan nasabah, dan tidak pernah menghubungi nasabah untuk meminta data rahasia seperti username, password, PIN, maupun kode OTP dan sebagainya,” ungkapnya.

Ditambahkan, BRI hanya menggunakan saluran resmi baik website maupun media sosial (verified) sebagai media komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas melalui laman/akun:

• Website: www.bri.co.id
• Instagram: @bankbri_id
• Twitter:
@bankbri_id,
@kontakbri,
@promo_BRI

• Facebook: Bank BRI
• Youtube: Bank BRI
• Tiktok: @bankbri_id|***

BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: