BANNIQ.Id. Sulbar. BPJS sebagai pelaksana Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus meningkatkan atribut pelayanan dengan inovasi yang berbasis IT, hal tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan kenyamanan, efektifitas dan efesiensi pelayanan kepada Peserta JKN. Untuk maksud tersebut, BPJS Kesehatan membangun kemitraan denagn stake holder selain pemerintah, Fasilitas Kesehatan, Peserta PBJS dan Juga Jurnalis. Tujuannya untuk mendapkan informasi maupun dukungan penyebaran informasi ke masyarakat terkait Program layanan JKN yang dilakasanakan oleh BPJS Kesehatan.
Seperti halnya yang dilaksanakan oleh BPJS Cabang Mamuju, melalui kegiatan media Workshop dengan tema Kolaborasi Media, Tingkatkan Transformasi Mutu Layanan Program JKN, dihadiri Langsung Kepala BPJS Cabang Mamuju, Umrah Nurdin sekaligus sebagai salah satu Pemateri, Kabag SDM Sandi Paskirab N dan Ketua KIP Sulbar Andi Fahriadi Kusno, dan belasan jurnalis di Kentucky Friechiken (KFC) Mamuju, Selasa 5 September.
Umrah Nurdin pada kesempatan ini menyampaikan, sebagai Pelaksana JKN, BPJS Kesehatan terus meningkatkan transformasi pelayanan agar masyarakat sebagai peserta semakin nyaman dan mudah dalam mendapatkan pelayanan dari BPJS. Seperti halnya bagi peserta BPJS yang ingin mendapatkan layanan secara cepat dan tidak membawa Kartu PBJS, cukup nomor NIK KTP atau KK.
” Untuk meningkatkan layanan kepada Peserta, BPJS terus melakukan inovasi pelayanan yang tujuannya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pelayanan kepada masyarakat peserta BPJS Kesehatan, salah satunya kemudahan dalam mendapatkan akses layanan yang bisa dilakukan dengan hanya menggunakan nomor NIK KTP ataupun KK,” Jelas Umrah Nurdin.
Untuk itu, sambung Umrah guna untuk mendapatkan informasi eksternal terkait Pengelolaan Program JKN oleh BPJS pihaknya meminta Kontribusi media untuk terus memberikan dan menyebarkan informasi terkait layanan BPJS, dan sekiranya terdapat kekuarangan dalam proses layanan tersebut baik BPJS maupun fasilitas Kesehatan mitra BPJS harapannya untuk disampaikan ke pihak BPJS.
” Kami berterima kasih atas kotribusinya rekan-rekan media selama ini yang telah memberitakan program dan layanan BPJS Kesehatan, dan kami berharap kepada rekan-rekan bila menemukan kekuranagn pelayanan baik dari BPJS maupun dari fasilitas kesehatan mitra BPJS mohon disampaikan ke kami,” timpalnya.
Selain pada aspek jalinan komunikasi dengan Stake Holder Media untuk peningkatan Layanan, Sambung Umrah, Pihak BPJS juga secara kontinyu melaksanakan sosialisasi terkait PBJS hingga ke tingkat Desa.
” BPJS juga rutin melaksanakan sosialisasi terkait program BPJS hingga ke tingkat desa hal ini kami lakukan agar informasi layanan JKN tersebar secara luas dan merata hingga ke pelosok dan mengajak masyarakat untuk bergotong royong dengan menjadi Peserta BPJS Kesehatan baik secara mandiri, Peserta Penerima Upah maupun peserta kategori Penerima Iyuran Bantuan,” pungkasnya. I***