Jumat, Oktober 4, 2024

Pj Bupati Mamasa Panen Bawan Bersama Kelompok tani Wanita di Desa Osango

- Advertisement -

BANNIQ.Id. Mamasa – Penjabat (Pj) Bupati Mamasa Dr. Yakub F Solon ikut panen bawang bersama anggota Kelompok Tani Wanita (KTW) Bambarurunan (Tandole Farm) Desa Osango, Kecamatan Mamasa, Rabu (11/10/2023).

Yakub F Solon mengungkapkan, pihaknya merasa bangga menyaksikan keuletan petani yang tergabung dalam KWT Babaturunan Desa Osango hingga bisa berhasil mengolah lereng-lereng gunung menjadi sumber uang.

“Ini lereng gunung bisa diolah menjadi kebun bawang dan berhasil dengan kualitas yang bagus. Saya bangga dengan keuletan petani kita,” tutur Yakub.

Asisten II Setda Sulbar itu mengatakan, menurut pengakuan petani bawang KWT Osango ini, dalam 1/4 hektar bisa menghasilkan uang sebesar Rp6 juta per bulan.

“Kalau semua petani di Mamasa bisa tekun dan ulet seperti patani bawang di Osango maka daerah ini akan sejahtera. Warga kita mayoritas petani dan pasti semua mempunyai lahan, bayangkan kalau penghasilannya rata-rata Rp6 juta per bulan, lebih tinggi dari gaji PNS,” ungkapnya.

Untuk itu, mantan Kepala BPSDM Sulbar itu mengajak semua petani agar belajar pada keberhasilan petani bawang di KWT Osango.

“Ndk usah jauh-jauh belajar keluar daerah, disini tempatnya sangat dekat. Mari kita sesama petani saling berbagi ilmu sehingga kesejahteraan kita meningkat. Teman-teman

yang tergabung dalam KWT Osango telah berhasil mengatasi inflasi khusunya kenaikan harga bawang,” kataYakub.

Sementara itu, pemilik Tandole Farm sekaligus katua KWT Bambaturunan, Sudiarno mengungkapkan KWT Bambaturunan beranggotakan 25 orang yang aktif dan masih banyak anggota simpatisan.

“KWT Bambaturunan memiliki 25 orang anggota aktif dan masih banyak anggota simpatisan dan luas lahan secara keseluruhan 5 hektar,” ungkap Sudiarno.

Duta petani millenial itu memaparkan, KWT Bambaturunan berdiri sejak tahun 2009 dan sampai sekarang aktif menanam sayuran dan Bawang merah sebagai komoditi unggulan.

Baca Juga >>   Terkait Penilaian Kinerja Pemerintahan, Aldin: Mengukurnya dari Capaian Program, Bukan Kehadiran

Dikatakan, kebun bawang yang dipanen bersama PJ Bupati Mamasa hari ini seluas 0,25 hektar yang menghasilkan 800 kg bawang dan secara keseluruhan jumlah hasil panen semua anggota KWT Osango sebesar 2,5 Ton.

BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: