Anas: Publikasi Sistem Informasi Quarry Material Provinsi Sulbar Berbasis Website

Hits: 36

Peserta Sosialisasi dan Launching Sistim Informasi Quarry Material Provinsi Sulbar Berbasis Website(photo:bnq)

BANNIQ.Id.Sulbar. Guna menghasilkan bangunan yang konstruksinya berkualitas, maka standarisasi mutu banngunan sangatlah penting menjadi perhatian bagi setiap Pelaksana Jasa konstruksi tak terkecuali di Provinsi Sulbar.

Kewenangan Pengujian dan Standarisasi Mutu bangunan di Provinsi Sulawesi Barat yang menjadi tanggung jawab Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian dan Standarisasi, senantiasa melakukan terobosan-terobosan untuk menjadikan sistim pengujian dan standarisasi menjadi lebih efektif dan efesien melalui pembuatan prasararana sistim informasi untuk memetakan kondisi material alam sebagai bahan untuk membuat konstruksi yang dapat diakses oleh siapa saja melalui Website.

Untuk maksud tersebut UPTD Pengujian dan Standarisasi dinas PU dan Tata Ruang Sulbar, melalui seksi Standarisasi Mutu mendesain satu sistim informasi yang disebut Publikasi sistem Informasi Quarry Material Provinsi Sulawesi Barat Berbasis Website.

Kasi Standarisasi Mutu UPTD Pengujian dan Standarisasi Dinas PU dan Tata Ruang Prov Sulbar, Anas,L sekaligus peserta PKP BPSDM Angkatan Ke III saat menyampaikan presentase pada acara Sosialisasi dan Launching Sistim Ingormasi Quarry Materila PROV Sulbar(photo:bnq)

” Kami membuat program publikasi Sistim Informasi Quarry Material ini diperuntukkan bagi pengguna anggaran , PPK/KPA , Konsultan Perencana dan kontraktor dalam membuat HPS /RAB terutama dalam menghitung analisa harga satuan pekerjaan,” terang Kasi Standarisasi Mutu UPTD Pengujian Dan Standarisasi Dinas PU dan Tata Ruang Provinsi Sulbar, Anas L,ST.MAP., saat Launching Publikasi Sistim Informasi Quarry Material Provinsi Sulbar, Jum’at (9/10/2020) di kantor UPTD Pengujian dan Standarisasi.

Anas yang saat ini juga sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) BPSDM Provinsi Sulbar angkatan III dan menjadikan Publikasi Informasi Quarry Material sebagai judul tugas aksi perubahan ini menambahkan, Sistim Informasi Quarry berbasis Web akan membantu para konsultan,kontraktor ataupun bagi pengguna anggaran hanya dengan membuka website yang telah dirancang khusus untuk mengakses Kondisi ataupun letak material di seluruh kabupaten di Sulbar, dengan hanya membuka kata kunci kabupaten yang ada.

Kantor UPTD Pengujian dan Standarisasi Dinas PU dan Tata Ruang Provinsi Sulbar(photo:bnq)

” Web sistim informasi Quarry ini sangat membantu bagi kontraktor, konsultan ataupun pengguna anggaran hanya dengan mengakses web kami di UPTD kemudian kata kunci kabupaten maka akan tampil letak dan kondisi materil di seluruh kabupaten di Sulbar, dan kontraktor dapat mengetahui letak material tersebut meskipun berada di desa,” timpalnya.

Sementara itu Kepala UPTD Pengujian dan Standarisasi Dinas PU dan Tata Ruang Pemprov Sulbar yang juga mentor PKP Anas L, H.Reski Ridwan,S.AP;M.AP mendukung pemanfaatan web untuk memberikan Informasi kepada pihak ketiga tentang material konstruksi.

” Saya selaku mentor saudara Anas sangat mendukung pemanfaatan website di UPTD ini untuk diakses oleh konsultan ataupun kontraktor tentang informasi Quarry, biar yang ada di Sulbar atauoun di luar sulbar dapat mengetahui keberadaan bahan matrial di semua daerah Kabupaten di Sulbar,” Ujarnya.

Reski juga menilai keberadaan web informasi Quarry itu akan lebih mendukung UPTD Pengujian dan Standarisasi sebagai pemasok PAD dan betul-betul akan menjadi penjamin standar mutu yang diujikan di kantor UPTD dan sesuai yang digunakan oleh pelaksana jasa konstruksi di Lapangan.

Testimoni terhadap Publikasi informasi Quarry ini juga disampaikan oleh Kadis PU dan Tata Ruang Mamuju, Ir.H.Aksan. Menurut Akhsan dengan ketersediaan informasi Quarry tersebut sangat membantu dalam proses penggunaan material yang bermutu juga akan memudahkan dalam menghitung biaya angkut material tersebut.

Kepala UPTD Pengujian dan Standarisasi Dinas PU dan Tata Ruang Provinsi Sulbar,H.Reski Ridwan,S.AP;M.AP.(photo:bnq)

Rancangan Publikasi Informasi Quarry juga diapresiasi oleh Kepala Balai Jakon Wilayah 6 Makassar, Ismail Abd. Muttalib,ST MT. Kata Ismail berbicara soal standarisasi konstruksi harus diperhatikan elemen rantai pasok, rantai pasok, yakni material, SDM, peralatan dan inovasi. Dengan adanya informasi Quarry akan berfek pada peningkatan produktivitas jasa konstruksi di Sulbar.

” Saya mengapresiasi apa yang rancang oleh saudara Anas ini, karena dengan sistim informasi ini akan berdampak terhadap meningkatnya Produktivitas jasa konstruksi di Sulbar, karena harus diingat standar suatu konstruksi ditentukan oleh rantai pasok yang meliputi Material,SDM,peralatan dan Inovasi,” Lugasnya.

Sementara bagi PPK 01 Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Sulawesi Barat,Amirullah ST juga mengapresiasi desain informasi Quarry. Karena dengan Link tersebut akan menjadi dasar dan acuan dalam menyusun perencanaan di Balai Pelaksana Jalan Nasional Sulbar.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Direktur PT Sentral Bina Rencana, Muh.Alwi ST. Dengan adanya informasi Quarry berbasis Web tersebut kata Alwi sangat terbantu karena hal tersebut akan menjadi rujukan dalam perencanaan konsultan.

” Informasi Quarry ini sangat membantu dalam penyusunan rancangan dan penentuan satuan harga rancangan konsultan,” Simpulnya.|asdar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *