Jalan Poros Salutambung-Urekang Ditangani Bertahap

Salah satu titik.jalan Poros Salutambung-Urekang(photo:repro)

BANNIQ.Id.Sulbar. Penanganan jalan poros Salutambung-Urekang yang penanganannya menjadi tanggung jawab Pemprov Sulbar, akan diperbaiki secara bertahap mengingat anggaran yang dibutuhkan untuk penyelesaian jalan yang menghubungkan kecamatan Ulumanda dan kecamatan Mambi tersebut cukup besar.

Tahun ini Pemprov Sulbar, menggelontorkan anggaran sekira Rp.9 M, untuk kelanjutan peningkatan poros jalan tersebut.

” Mengingat anggaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jalan poros Salutambung-Urekang hingga Mambi, cukup besar yang tentunya APBD kita tak akan mampu membiayai bila kita kerjakan satukaligus, tahun ini Anggaran untuk pembangunan jalan tersebut, hanya Rp.9 M, dan kemungkinan ada tambahan dari sisa anggaran tahun 2018 yang Tak terserap, namun inipun kalau ada persetujuan dari DPRD,” Urai PLT Kadis PU dan Tata Ruang Pemprov Sulbar,Ir.H.Akhsan, Selasa(8/5/2019)

Meskipun dengan anggaran yang minim tersebut, sambung H.Akhsan, pihaknya juga tetap akan melakukan pemeliharaan jalan tersebut, kendatipun jalanannya tanah yang penting tidak berlobang.

” Meskipun anggaran pembangunan yang minim, kami tetap melakukan pemeliharaan terhadap jalan poros tersebut, meskipun mungkin sebagian masih merupakan tanah liat, namun kita pelihara supaya tidak berlubang dan lain-lain, saya sudah instruksikan ke UPTD jalan dan jembatan untuk rutin melakukan pemeliharaan jalan tersebut,” Timpalnya.

Tentang solusi pengalihan status jalan tersebut yang saat ini masih berstatus jalan Provinsi, dan kemungkinan akan ditingkatkan menjadi jalan nasional, H.Akhsan Mengakui sudah pernah menyampaikan ke Kementerian PUPR.

” Iyya kami sudah pernah sampaikan ke Kementerian PUPR, Namun mereka menyampaikan bahwa, saat ini juga tengah mengerjakan jalan nasional di Sulbar yakni jalan poros Mambi-Mala’bo dan Mamasa-Tabang, jadi mungkin bisa dibantu melalui DAK, untuk peningkatan status jalan belum bisa, karena masih ada 9% Jalan nasional yang ditangani di Sulbar,” sambung H.Akhsan.

Selain itu, yang mungkin menjadi pertimbangan masih kata H.Akhsan, sehingga peningkatan jalan tersebut, belum bisa disetujui mengingat poros jalan Salutambung-Urekang-Mambi, merupakan jalan poros antar kabupaten.Ada poros jalan yang lebih memungkinkan untuk dinaikkan statusnya, yakni jalan poros Bonehau, Kalumpang Seko, karena poros jalan ini merupakan jalan penghubung dua provinsi yakni Sulbar dan Sulsel.

PLT Kadis PU Sulbar,Ir.H.Akhsan(photo:bnq)

” Jalan poros Salutambung-Urekang-Mambi, merupakan jalan yang menghubungkan dua kabupaten dalam satu Provinsi, jadi idealnya memang menjadi tanggung jawab Pemorov, beda dengan jalan poros Bonehau-Kalumpang-Seko, karena poros jalan ini menghubungkan dua provinsi, jalur inipun kita sdah usulkan untuk perubahan status jalan,” Pungkasnya.|smd


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *