Melalui FGD, DPD RI Ingin Pastikan Dukungan Syarat Administrasi Pemekaran Kabupaten Balanipa

Hits: 18

KAPP Balanipa saat melaksanakan kegiatan diskusi menyikapi Moratorium pemekaran daerah(photo: repro)

BANNIQ.Id.Sulbar.Harapan besar Masyarakat Balanipa untuk segera memiliki DOB, terpisah dari Kabupaten Polman, patut diapresiasi dan didukung oleh semua pihak. karena Balanipa dari berbagai aspek sangat layak untuk menjadi DOB.

Perjuangan pembentukan Kabupaten balanipa yang diderek oleh satu Forum Komite yang disebut Komite Aksi Perjuangan Pembentukan (KAPP) sejak beberapa tahun lalu sejak awal dicetuskannya perjuangan pembentukan Kabupaten Balanipa.

Untuk mengetahui progres dan dukungan syarat untuk DOB Balanipa, DPD RI menggelar Kegiatan Forum Group Discusion (FGD) yang akan digelar di Makassar, Jum’at 26 Maret 2021, yang akan dihadiri Wakil Ketua DPD RI,Dr.Mahyuddin,ST;MM.

Kegiatan FGD yang mengusung tema, Pemekaran Daerah Alternatif Percepatan Pembangunan Balanipa, akan dihadiri Ketua dan Anggota KAPP Balanipa, Pemkab dan Anggota DPRD Polman Dapil Balanipa, Pemprov dan Anggota DPRD Sulbar Dapil Polman II.

Ajbar Abd Kadir, Anggota DPD RI Dapil Sulbar yang memfasilitasi kegiatan ini mengatakan, Kegiatan FGD tersebut bertujuan untuk menginventarisasi masalah dalam rangka persiapan Pembentukan Kabupaten Balanipa. Selain itu Sebut Ajbar FGD tersebut juga akan melakukan klasifikasi masalah dan dukungan dari Stake holder terkait rencana pembentukan Kabupaten Balanipa.

Lebih spesifik kata Ajbar, dari kegiatan tersebut DPD akan mendapatkan kepastian urgensi Pemekaran DOB Balanipa.

” Melalui kegiatan ini, DPD ingin memastikan bahwa dengan DOB akan turut mempercepat perkembangan daerahnya dalam hal ini Balanipa,” Ucap Ajbar via gawainya, minggu (21/3/2021).

Selain urgensi Pemekaran Imbuh Ajbar, kegiatan ini juga DPD akan memastikan dukungan syarat administrasi yang dimiliki oleh Calon DOB Balanipa.

” Di forum inilah kita akan merespon berbagai gagasan dari para stake holder, dalam hal ini KAPP Balanipa, kita akan mendapatkan gagasan dan wujud rill kenapa kita perlu berbalanipa,” timpalnya.

Terwujudnya kegiatan ini masih kata Ajbar, adalah sebagai bentuk respon dari DPD untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah juga karena memahami kehendak daerah.
” secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan DPD RI atas respon dan dukungan yang diberikan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana,” Ujar mantan anggota DPRD Sulbar ini.

Meskipun demikian ia juga meminta maaf kepada masyarakat dan KAPP Balanipa karena sedianya kegiatan ini akan diselenggarakan di Polman, namun karena jarak tempuh dari Makassar ke Polman menyita bebera jam, sementara wakil ketua DPD RI memiliki agenda lain setelah kegiatan FGD tersebut.

” Saya meminta maaf kepada semua pihak yang terkait dengan agenda FGD ini, karena sedianya kegiatan ini akan diselenggarakan di Polman, tetapi karena Pimpinan DPD yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini memiliki jadwal lain setelah kegiatan tersebut sehingga ia harus secepatnya balik ke Jakarta,” timpalnya.

Untuk agenda berikutnya pasca kegiatan tersebut masih kata Ajbar, setelah lebaran nanti, dirinya akan memfasilitasi pertemuan ketua DPD RI di Polman, yang akan membahas tentang Balanipa.dan Kota Mamuju.

” Setelah kegiatan ini, setelah lebaran nanti kami kembali akan mengagendakan pertemuan dengan DPD RI di Polman, untuk membicarakan Balanipa dan Kota Mamuju karena keduanya ini semuanya Urgen,” Pungkasnya.|asd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *