Rabu, Juli 24, 2024

Meski Fasilitas Pendukung Belum Siap, Pemkab Mamuju Tetap Optimis Tahun Ini Terlaksana Porprov IV

- Advertisement -
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Mamuju,Dr Hatma(photo:Banniq.id)

BANNIQ.Id.Sulbar. Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) IV yang akan dilaksanakan di Mamuju tahun 2022 ini, namun daya dukung untuk terlaksananya perhelatan Olah Raga yang akan mempertandingkan 24 Cabor tersebut, belum terlihat sampai hari ini, baik pembenahan stadion manakarra sebagai arena pembukaan dan penutupan Porprov IV, Maupun pembenahan dan pembuatan venue sebagai pusat pertandingan Cabor, dengan sisa waktu 4 bulan ke depan bila Porprov dilaksanakan bulan Desember.

Kendati demikian, Pemkab Mamuju tetap optimis akan dapat menjadi tuan rumah Porprov IV Sulbar, hal tersebut disampaikan Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr.Hatma dalam rapat bersama Panitia Penyelenggara Porprov IV Sulbar di Kantor KONI Sulbar, Selasa 26 Juli 2022. Dihadiri ketua Penyelenggara Porprov IV,H.Syahrir Hamdani, Wakil Ketua H.Naskah Nabhan, Sekertaris Ruslan, Ketua Technical Delegate,H.Hamzih dan Wakil Ketua Panitia Penyelenggara,Samiran.

Ketua Penyelenggara Porprov IV H.Syahrir Hamdani(photo:banniq)

Hatma menegaskan, sampai saat ini Mamuju tetap berkomitmen untuk melaksanakan keputusan Gubernur Sulbar yang menunjuk Mamuju sebagai Tuan Rumah Porprov IV.

” Sampai saat ini Mamuju Pemkab Mamuju masih tetap optimis untuk melaksanakan Porprov IV sesuai keputusan Gubernur Sulbar tentang pelaksanaan Porprov IV tahun 2022 di Mamuju,” jelas mantan Kepala Bappeda Mamuju ini.

Untuk itu sambung Hatma rangkaian persiapan telah dilakukan termasuk Launching Logo dan Mascot Porprov IV serta Draft SK Panitia Pelaksana yang tinggal ditandatangani oleh bupati Mamuju.

Wakil ketua Penyelenggaran Porprov IV H.Naskah Nabhan(photo:Banniq.id)

” Usai pelaksanaan Launching beberapa hari lalu, Draft SK Panitia telah kita buat dan saat ini tinggal ditandatangani ibu Bupati,” lugasnya.

Kemudian untuk pembenahan Stadion Manakarra sendiri kata Hatma Rabu besok tanggal 27 Juli sudah akan dilakukan penentuan Mutual Check Nol (Mc0).

” Untuk pembenahan stadion sendiri, sesuai informasi yang disampaikan oleh Kadis PU ke Kami, Besok sudah dilakukan Mc 0,” tandasnya.

Baca Juga >>   DPD Hanura Deklarasikan PHS-Arwan Aras Untuk Pilgub Sulbar 2024

Selain itu untuk kelancaran komunikasi antara panitia Penyelenggara, Panitia Pelaksana dan komponen pendukung lainnya, Sekertariat panitia juga telah ditentukan yakni di Rumah adat Mamuju.

” Sekertariat panitia juga sudah ditentukan yakni di Rumah adat Mamuju,” pungkasnya.

Menyahuti penegasan tersebut, Ketua penyelenggara H.Syahrir Hamdani juga tetap berkeyakinan Pemkab Mamuju akan dapat mewujudkan Mamuju sebagai Tuan Rumah Porprov IV dengan Prinsip Sukses Pelaksanaan dan sukses Prestasi, dan ia menegaskan agar atlit-atlit yang akan berlaga nanti adalah putra-putri Sulbar.

” Kita tetap mengsupport Mamuju sebagai tuan rumah Porprov IV dan harapan kita kegiatan tersebut akan sukses pelaksanaan dan Sukses prestasi, dan satu hal yang sudah sering kita tegaskan bahwa atlit-atlit yang akan ikut di Porprov IV adalah anak-anak kita di Sulbar, bukan pemain bayaran,” ungkap politisi Gerindra ini.

Optimisme yang sama juga disampaikan Ketua Tecnical Delegate H.Hamzih, meskipun kata dia banyak orang yang menyampaikan ke dirinya tentang keraguan akan terlaksananya Porprov IV di Mamuju.

” Meskipun beberapa orang menyampaikan keraguan ke saya akan terlaksananya Porprov IV di Mamuju, namun sewaktu saya bertemu Sekda Mamuju, belia memberi jaminan bahwa Mamuju tetap siap untuk melaksanakan Porprov IV,” jelasnya.

Tentang persiapan administrasi seperti Panduan pelaksanaan Porprov IV, Wakil Ketua Penyelenggara,H.Naskah Nabhan berharap dokumen tersebut akan segera terbit.

” Satu hal yang tatkala pentingnya adalah panduan pelaksanaan Porprov IV, karena di dalam panduan ini akan menguraikan secara terinci semua hal yang terkait dengan Proses Pelaksanaan Porprov IV,” jelasnya

Satu hal yang juga sangat urgen dilakukan agar pelaksanaan Porprov tersebut betul-betul sukses terlaksana yakni sinergi antara panitia Penyelenggara dan Panitia Pelaksana. Dinyatakan Ruslan, suksesnya pelaksanaan Porprov salah satu aspek pendukungnya, sinergitas dan kordinasi yang baik antara panitia penyelenggara dan panitia pelaksana.

Baca Juga >>   Hadiri Rakor Penguatan APIP di Makassar,Idris: Kita Bangun Komitmen Bersama

” Sinergitas dan kordinasi itu penting untuk suksesnya Porprov, jangan lagi terulang seperti Launching Logo Porprov yang sangat lemah kordinasi, sukses pelaksanaan Porprov terletak pada sejauh mana kordinasi yang terbangun antara Panitia Penyelenggara dan Panitia pelaksana,” jelas Ruslan.

Dijelaskan, untuk kesiapan Panitia Penyelenggara sendiri sudah sejak awal dalam dirancang termasuk berapa jumlah atlit dan official yang akan meramaikan pesta Olah Raga tersebut.

Kata Ruslan rancangan yang telah dibuat oleh penyelenggara seperti jumlah atlit dan official yang diperkirakan berjumlah 4410 orang

” Ini telah kita rancang terkait jumlah atlit yang akan meramaikan Porprov yakni sekira 4410 atlit dan official, medali emas sebanyak 797 keping, demikian pula Perak dan 1168 medali perunggu,” bebernya.

Ruslan juga berharap kepada Panitia Pelaksana, untuk segera menentukan tanggal Pelaksanaannya.

” Penetapan tanggal pelaksanaan ini juga penting agar semua persiapan dapat dilaksanakan dari awal,” pungkasnya.

Kemudian untuk menghindari terulangnya masalah seperti di Porprov di Polman dan Majene, dibutuhkan kehadiran Kordinator pertandingan.

” Agar tidak terulang masalah seperti pada Porprov sebelumnya, dibutuhkan bagian yang dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang kemungkinan mencuat dalam masa pertandingan, untuk itu kami ditunjuk oleh Pemkab Mamuju sebagai Kordinator pertandingan sebagai wadah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang akan terjadi pada Porprov nanti,” pungkas Kordinator Pertandingan Porprov IV Hasrat Lukman|asmad

BERITA TERKAIT

Berita Populer

Komentar Pembaca

error: