Pemulihan Covid 19,Artis: Semua Pihak Harus Bergandengan Tangan

Hits: 4

BANNIQ.Id.MAMUJU – Upaya pemerintah pusat menangani sebaran dan dampak yang ditimbulkan oleh Covid – 19 terus digalakkan. Komitmen penanganan tak tanggung-tanggung dilakukan secara berjenjang hingga ke daerah. Betapa tidak, selain dampaknya terhadap kesehatan, Covid – 19 turut memengaruhi aktifitas hingga fluktuasi ekonomi hampir di seluruh Indonesia dan melanda semua lapisan masyarakat.

Sehingga Pemerintah Republik Indonesia melalui Implementasi kebijakan strategis selain penanganan pada sektor kesehatan, turut diarahkan pada hal yang berkaitan dengan pemulihan dan transformasi ekonomi pada seluruh wilayah di Indonesia. Beragam pola penyelesaian masalah dilakukan dengan melibatkan semua unsur terkait untuk melakukan secara massif. Mulai dari sosialisasi hingga pendampingan untuk membangkitkan gairah ekonomi nasional.

Serangkaian dengan hal tersebut, secara khusus di Kabupaten Mamuju telah digelar Pertunjukan Rakyat (Petunra) virtual (12/11) lalu. Berikutnya akan dilaksanakan webinar yang akan membincang manfaat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi UMKM pada Kamis (19/11) nanti melalui platform zoom meeting. Kegiatan yang digelar sehari ini dibuka untuk banyak kalangan. Diantaranya pelaku UMKM, mahasiswa, pegiat seni, agama dan perempuan. Pelibatan ini dilakukan untuk memberi pemahaman secara luas tentang bagaimana dan apa yang menjadi prioritas pemerintah dalam menghadapi masa pemulihan tersebut.

“Termasuk bagaimana mendorong kembali geliat kawan kawan kelompok UMKM. Karena pemerintah sangat konsen bagaimana terus memberi penguatan terhadap masyarakat. Itu sebabnya pemerintah secara khusus membentuk Komite Penanganan Covid – 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Di dalamnya terdapat Satgas (satuan tugas) Penanganan Covid 19; Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional. Hal ini kemudian dikenal dengan sebutan KPCPEN dan dibentuk langsung oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo. Tentu hal ini mesti dipahami sebagai bentuk perhatian kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terdampak oleh kemunculan Covid 19 ini dan memang betul betul kita rasakan apalagi bagi masyarakat kelompok ekonomi bawah,” ujar Artis Effendi, Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Kabupaten Mamuju.

Selain menyambut kucuran program dari pemerintah pusat, Artis Effendi pun membeberkan telah melakukan kolaborasi bersama sejumlah pihak untuk memuluskan agenda pemulihan dampak Covid 19 itu. “Misalnya di Kominfo itu ada kelompok informasi masyarakat yang dikenal dengan istilah KIM. Mereka kita berdayakan bukan sekedar sebagai agen diseminasi informasi. Tetapi bagaimana juga mereka didorong untuk membuka ruang kolaboratif bersama komunitas lain yang ada di Desa. Kan mereka ini bergerak dan basisnya di Desa. Bagaimana kemudian mereka terlibat dalam proses pendampingan lebih lanjut di tengah masyarakat,” bebernya.

Sebab kata mantan Sekretaris DPRD Mamuju itu, dimasa pemulihan ini dibutuhkan kebersamaan pada setiap lapisan masyarakat untuk saling menguatkan. “Kita harus bergandengan tangan bahwa kita bisa melewati masa sulit yang sedang dihadapi oleh negara kita saat ini,” tutupnya.|asdar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *