PKH Bersama Lintas Komunitas Sulbar Gelar Jambore dan Kemah Literasi

Hits: 34

Peserta Jambore dan Kemah Literasi,Lintas Komunitas Sulbar(photo:repro)

BANNIQ.id.Majene. Program Keluarga Harapan (PKH) , KORUMTA dan Lintas Komunitas Literasi Sulbar sukses menggelar Jambore PKH dan Kemah Literasi di lapangan Tasinara Malunda-Majene berlangsung dari tanggal 17 hingga 19 Januari 2020.

Kerjasama seperti ini, sebenarnya telah berlangsung selama 2 tahun terakhir. Antara PKH dan para penggiat Lietrasi Sulbar telah sering bekerjasama dalam berbagai kegiatan sosial yang muaranya sama pada pelaksanaan UUD 45 mencerdaskan kehidupan bangsa.

PKH memiliki program wajib Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau juga disebut Family Development Session (FDS) yang materinya seluruhnya pendidikan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM PKH), sementara Penggiat Literasi punya program gelar lapak baca di kampung-kampung, meminjamkan buku bagi anak-anak trutama yg kurang mampu. Sehingga ketika pelaksanaan FDS dilakukan, anak dan suami para KPM membaca buku di luar sambil menunggu.

Tidak hanya FDS dan gelar lapak baca yg berlangsung selama Jambore dan kemah literasi ini, tapi ada juga lomba menggambar anak-anak PKH, umum, lomba baca puisi, dll.

Ada pula materi capacity bulding untuk SDM PKH, workshop menulis dari penggiat literasi, belajar baca lontar juga ada FGD Memerangi Radikalisme dari Tim Pustaka Bayangkara Polres Majene. Sperti biasa dlm perkemahan, pserta usai sholat subuh bagi yg muslim, langsung menggelar senam Mauemere, ice breaking dari SDM pkh, laku bersih-bersih lapangan dan lanjut pada kegiatan egenda harian.

Jambore PKH dan Kemah Literasi ini terselenggara atas partisipasi dan dukungan banyak pihak, murni gotong royong sekaligus menumbuhkan kembali semangat budaya gotong royong dalam kehidupan berbangsa kita.

Tidak ada nomenklatur atau anggaran khusus dari pihak mana pun atau APBD misalnya, murni gotong royong menyanggah bersama keperluan acara. Sejumlah Himbara parner kerja PKH selama ini, BNI, BRI, mandiri dan BI ikut gotong royong dalam acara ini, berbagi tanggungjawab, begitupun teman-teman penggiat lietrasi dan Korumta, pihak Dinsos se Sulbar, Dikbud, Budpar, semua berbagi tanggungjawab, mulai dari kebutuhan konsumsi, panggung, trowongan, penerangan dll, semua murni hasil gotong royong banyak pihak.

Puncak acara dipungkasi dengan Doa Bersama dan Dialog Kebangsaan, Pembicara Bupati Majene diwakili Staf Ahli Budang Pendidikan dan Sosial Budaya, Gub. Sulbar diwakili Ka. Dinsos Sulbar, Ka. Dinsos se Sulbar, hadir pula Ketua DPRD majene, Kadis Budpar, Camat Malunda, unsur Muspida, serta kepala desa dan lurah serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Acara dibuka dgn Lagu Indonesia Raya, Mars PKH, Yel-yel PKH, Pembacaan Kalam Ilahi, Shalawat Kafila Korumta, Pemannak Teater Pasak, dipungkasi dgn Doa Untuk Bangsa (Doa Tulaq Bala) agar terhindar dari bencana dan agar rakyat sejahtera, ditutup dengan Tari Penutup Sanggar Tasende.

Dalam Dialog Kebangsaan, Bertema (Melebur Pada Semesta) Pentingnya Pendidikan dan Literasi untuk Mempercepat Pengentasan Kemuskinan, Staf ahli Bupati, Drs. H. Mustamin, Kadinsos Prov. Sulbar H. Bau Akram Dai, SE, MS.i sama menyampaikan pentingnya trus dibangun upaya gotong royong sperti ini, demi mencerdaskan kehidupan bangsa, trutama melalui FDS PKH membangun Lietarasi yang baik serta dukungan banyak pihak.

Kadinsos Sulbar dalam acara tersebut sekaligus menyerahkan bantuan APBD sharing PKH Sulbar berupa 8 unit motor Yamaha X trail metik, dan diserahkan langsung kepada 7 korkab se Sulbar pagi harinya di Kantor Dinsos Sulbar.

Dalam acara penutup, pesan dan kesan pserta serta testimoni para Korkab dan Korwil PKH Sulbar memberi apresiasi yg positif atas acara ini, trutama SDM PKH butuh refres atau restart setiap awal tahun agar siap mengarungi tantangan di setiap tahunnya. Kab. Pasangkayu, Mamuju Tengah, Mamuju dan Polewali Mandar langsung mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah taun depan.

Acara diakhiri dengan sayonara sambil wisata alam ke Sungai Bambangan dan Wisata Sejarah ke Situs Bala Uki-Batu Susun Bambangan-Malunda Kab. Majene, Sulbar. |Rilis.Smd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *