Pastikan Akurasi Perhitungan Suara Pemilu 2019, KPU Mateng Lakukan Simulasi Situng TPS

Hits: 23

Korbid Parmas KPU Mateng, Nasrul Muhayyang(photo:smd)

BANNIQ.Id.Topoyo.Guna memastikan proses perhitungan suara hasil Pemilu 2019 cermat dan akurat, di masing-masing TPS pada hari Jumat Pencoblosan tanggal 17 April 2019, KPU Mamuju Tengah melaksanakan Simulasi Sistim Perhitungan(Situng) suara untuk hasil Pemilu tanggal 17 April di masing-masing masing TPS, yang secara total berjumlah 350 TPS, Rabu(20/3/2019) di kantor KPU Mateng jalan Poros Topoyo Tumbu-patulana.

Simulasi yang diikuti oleh Puluhan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Kabupaten Mamuju Tengah tersebut, bertujuan untuk memastikan anggota PPK memahami sistim perhitungan tersebut.

“Kegiatan simulasi ini, untuk memastikan perhitungan hasil suara pemilu di TPS dapat dilaksanakan dengan baik oleh para petugas di TPS pada saat Hari H pemilu tanggal 17 April,” Terang Kordinator Bidang Partisipasi Masyarakat(Parmas) KPU Mamuju Tengah, Nasrul Muhayyang, di Kantor KPU Mateng, Kamis (20/3/2019).

Dengan situng tersebut sambung Nasrul , pada hari pencoblosan , semua hasil pemungutan suara di seluruh TPS di Mateng akan langsung diinfut ke bagian data KPU pusat, yang dikirim dengan sistim IT, berdasarkan scanner Rekapitulasi perhitungan formulir C Plano dan C1 ke C.

” Nanti pada hari H tanggal 17 April, hasil suara di Semua TPS di Mateng akan dikirim langsung ke KPU pusat melalui Scanner Rekapitulasi formulir C Plano ke C1 dan C, sehingga hasil perhitungan suara dapat diketahui secara cepat sebelum pleno perhitungan hasil perolehan suara, meskipun yang menjadi dasar penentuan penetapan hasil perolehan hasil suara berdasarkan rapat pleno,” Timpalnya.

Kegiatan Simulasi Situng TPS yang dilaksanakan KPU Mateng(photo:smd)

Nasrul menambahkan, dari 350 TPS yang ada di Mamuju Tengah, hanya 25 persen petugas TPS yang ikut di kegiatan simulasi Situng tersebut dan itu dinilai sudah dapat merefresentasi jumlah petugas TPS yang ada.

” Pada kegiatan simulasi Situng ini, hanya diikuti 25% dari 350 TPS yang ada di Mamuju Tengah yang mengikuti kegiatan ini, dan itu dinilai sudah dapat merefresentasi jumlah TPS yang 350 tersebut,” Pungkas Komisioner yang sudah periode kedua sebagai anggota KPU Mamuju Tengah ini.|smd


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *